Duel Oleksandr Usyk vs Tyson Fury Batal Digelar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Mar 2023 14:05 WIB

Duel Oleksandr Usyk vs Tyson Fury Batal Digelar

i

Oleksandr Usyk dan Tyson Fury. Foto: Skysports.

SURABAYAPAGI.COM, Wembey - Duel perebutan status juara tinju kelas berat sejati antara Oleksandr Usyk vs Tyson Fury batal digelar. Pasalnya, tak ada kesepakatan yang tercapai antara kedua belah pihak.

Juara kelas berat WBC, Tyson Fury, dan raja kelas berat versi WBA, WBO, IBF, serta IBO, Oleksandr Usyk, seharusnya bertemu di Wembey pada 29 April 2023 mendatang.

Baca Juga: Berani Tantang Usyk, Fury Justru Pesimis Lawan Anthony Joshua

Pihak Usyk mengklaim bahwa mereka terpaksa membatalkan rencana penyatuan empat sabuk yang diusulkan - yang pertama dalam sejarah - karena tuntutan Fury yang "tidak sopan."

Manajer Usyk Egis Klimas menilai pihak Fury sepertinya ogah-ogahan untuk bertanding melawan kliennya. Hal itu tercermin dari permintaan tak masuk akal petinju Inggris tersebut dalam negosiasi.

Banyaknya syarat yang diajukan membuat Usyk selaku penantang merasa tidak dihargai. Padahal, pihaknya sudah mengalah dari sisi pembagian keuntungan yang terlihat jelas di mata publik.

Fury diketahui memang meminta bayaran mahal, dengan persentase 70 untuknya berbanding 30 untuk Usyk. Usyk pun menerima syarat tersebut asal Fury tidak menunda pertandingan dan membagikan sebagian keuntungan kepada rakyat Ukraina yang menjadi korban perang.

“Pihak Usyk telah mundur dari negosiasi lebih lanjut karena pihak Fury tak pernah merasa cukup (dan ingin) mengambil seluruh keuntungan untuk pihak mereka,” kata Klimas dikutip dari Sky Sports, Jum’at (24/3/2023).

Baca Juga: Fury vs Usyk, Deontay Wilder Tak Bisa Prediksi Siapa yang Menang

Maka dari itu, Krassyuk kecewa dengan pihak Fury yang dianggap memang tak berniat bertanding melawan Usyk.

“Saya tak mau membahas detailnya karena seluruh proses negosiasi bersifat rahasia, tapi saya katakan satu hal. Ketika seorang petinju enggan bertanding, dia akan meminta harga di luar kewajaran, dia tahu duel itu tak akan terjadi,” ujarnya.

“Mereka mungkin lupa bahwa Usyk yang memegang mayoritas sabuk di kelas berat, dan Tyson hanya punya satu,” imbuhnya.

Baca Juga: Duel Maret 2023, Tyson Fury Sebut Oleksandr Usyk Seekor Kelinci

Sebagai informasi, Usyk merupakan pemilik sabuk kelas berat versi WBA (Super), IBF, WBO, IBO, dan The Ring. Ia baru naik ke kelas berat pada 2019 usai menjadi juara sejati di kelas penjelajah (cruiserweight).

Sementara Fury merupakan juara tinju kelas berat versi WBC. Ia pernah memiliki semua sabuk yang kini dipegang Usyk pada 2015 usai mengalahkan Wladimir Klitschko. Namun sayangnya, ia harus ‘kehilangan’ gelar tersebut lantaran absen bertanding selama lebih dari dua tahun.

Ia lalu muncul lagi pada 2018 dan akhirnya menjadi juara kelas berat WBC pada 2020 usai mengalahkan Deontay Wilder. Sampai saat ini, ia telah tiga kali mempertahankan gelar tersebut. wby

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU