Pemkab Jember Salurkan 2,17 Juta Kg Beras untuk Warga Jember

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Apr 2023 09:56 WIB

Pemkab Jember Salurkan 2,17 Juta Kg Beras untuk Warga Jember

i

Penyaluran bantuan beras kepada warga Jember. Foto: Pemkab Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, ST., IPU mengungkapkan bahwa Kabupaten Jember mendapatkan bantuan beras sebanyak 2.000 ton lebih dari pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, Jember mendapatkan bantuan yang tidak sedikit ini. InsyaAllah ke depan lebih baik lagi,” kata Hendy saat meninjau bantuan pangan di Kelurahan Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates, Sabtu (8/4/2023)

Baca Juga: 5 Polisi di Jember Dikeroyok Oknum Pesilat

Beras itu dibagikan kepada 217.060 keluarga penerima manfaat (KPM) di mana setiap keluarga mendapatkan 10 kilogram beras..

"Jember mendapatkan kuota cukup banyak yakni 217.060 KPM dengan masing-masing KPM mendapatkan beras 10 kilogram yang disalurkan di masing-masing kantor desa atau kelurahan," ujarnya.

Beras yang dibagikan adalah beras cadangan pangan pemerintah dengan penyedia beras dari Bulog Subdivre Jember dan penyalur bantuan adalah PT Pos, sedangkan pihak Dinas Sosial Jember melakukan verifikasi faktual penerima bantuan pangan tersebut.

"Sebagian KPM yang menerima bantuan pangan beras dari mereka yang masuk dalam data program keluarga harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Mudah-mudahan tepat sasaran," tuturnya.

Mengingat jumlah bantuan yang cukup besar, proses distribusi bakal disalurkan secara bertahap dan sesuai jadwal yang ditentukan.

"Program bantuan pangan tersebut didistribusikan mulai Ramadhan hingga usai Lebaran karena jumlahnya cukup banyak,” ucapnya.

Baca Juga: Napi Lapas Jember Tewas Tercebur Sumur

Meski waktu pembagian diperpanjang hingga Mei, Pemkab Jember berusaha untuk mempercepat penyaluran bantuan tersebut kepada masyarakat sehinga masyarakat dapat menikmati bantuan yang diterima.

Hendy menjelaskank program bantuan pemerintah pusat tersebut juga dapat dikolaborasikan dengan program Jember Berbagi atau J-Berbagi selama Ramadhan yang juga menyasar masyarakat kurang mampu di seluruh kecamatan di Jember.

Ia menuturkan, program J-Berbagi ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat, sekaligus berinteraksi dengan warga, menerima aspirasi mereka serta melakukan verifikasi data dan fakta di lapanga.

Hendy meyakini program J-Berbagi akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi.

Baca Juga: Nelayan Hilang saat Memancing Ditemukan Tewas

“Ini sangat luar biasa. Saya akan berusaha melakukan percepatan agar pertumbuhan ekonomi lebih bagus lagi.Terima kasih banyak kepada segenap stakeholder yang membantu menyukseskan giat J-Berbagi ini. InsyaAllah bantuan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima.

Dalam kesempatan yang lain, Hendy memuji peran Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam menekan inflasi di Jember.

“Bulog telah membuktikan kinerjanya luar biasa. Pertumbuhan ekonomi kita tahun ini juga ada kontribusi dari Bulog yang menjaga inflasi dan melakukan penetrasi pasar dengan mendukung kebutuhan barang pokok penting bersama teman-teman PT Rajawali Nusindo,” pungkasnya. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU