Hari Buruh, Jokowi Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Buruh Hingga Perluas Kesempatan Kerja

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Mei 2023 15:24 WIB

Hari Buruh, Jokowi Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Buruh Hingga Perluas Kesempatan Kerja

i

Presiden Jokowi. Foto: Sekretariat Negara.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak segenap pemangku kepentingan untuk memanfaatkan Hari Buruh Internasional 2023 dengan meningkatkan kesejahteraan hingga melindungi hak buruh.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan ucapan selamat Hari Buruh Internasional yang jatuh pada Senin (1/5/2023). Jokowi mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memanfaatkan momentum Hari Buruh dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Jokowi: Hanya Kendaraan Listrik yang Boleh Beredar di IKN

"Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktifitas dan daya saing nasional," kata Jokowi melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/5/2023).

Kepala Negara pun menegaskan upaya peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia) terutama melalui pengembangan pendidikan vokasional, harus terus dilakukan.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Dukung Komitmen Presiden Jokowi Dalam Pengelolaan Air Bersih

"Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja juga harus terus dilakukan melalui program Prakerja serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri," ujarnya.

Maka dari itu, Jokowi juga mengatakan, pemerintah berusaha untuk mengundang investasi dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Jokowi Prihatin, Dokter Spesialis di Indonesia, 59% Lulusan Pilih di Jawa

"Pemerintah berusaha untuk mengundang investasi dari dalam dan luar negeri dalam rangka menambah kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja," jelasnya.

"Sekali lagi, Selamat Hari Buruh Internasional 2023," pungkasnya. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU