Jelang Pemilu 2023, Sosok Prabowo Subianto Eksis Dikalangan Gen Z

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Mei 2023 10:43 WIB

Jelang Pemilu 2023, Sosok Prabowo Subianto Eksis Dikalangan Gen Z

i

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada Mei 2023, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Presiden 2023, nama Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto semakin eksis dan elektabilitasnya paling unggul di kalangan pemilih Gen Z (17-26 tahun).

Di antara pesonanya yang memikat Generasi Z ini yaitu, personanya dan cara pendekatannya yang berubah dan “lebih merangkul” generasi muda. Salah satunya, melalui media sosial.

Baca Juga: Ketua MPR RI, "Catut" nama Prabowo, Urusan Bangun 3 Juta Rumah

Selain itu, pemilih Gen Z adalah mereka yang tidak pernah mengalami masa transisi dari era Orde Baru ke Reformasi pada 1998, era di mana rekam jejak HAM Prabowo selama ini dipertanyakan karena dia diduga terkait dengan penghilangan aktivis, kata pengamat.

Hasil survei itu menunjukkan bahwa 32,7 persen Gen Z memilih Prabowo apabila pemilihan presiden dilakukan pada masa jajak pendapat. "Tercatat proporsi Gen Z yang memilih Prabowo lebih besar dari rerata seluruh generasi, yakni mencapai 32,7 persen," tulis Litbang Kompas, dikutip Jumat (26/05/2023).

Masih di kalangan Gen Z, Ganjar Pranowo duduk di urutan kedua dengan elektabilitas sebesar 24,5%, diikuti oleh Anies Baswedan sebesar 10%. Prabowo juga memiliki elektabilitas sebesar 23,9 persen di kalangan Gen Y (milenial, berusia 27-41 tahun). Namun jumlah itu masih kalah dengan responden Gen Y yang menyatakan “tidak tahu” akan memilih siapa.

Baca Juga: Prabowo Tugaskan dr Alif sebagai Bacabup Gresik dari Gerindra

Meski para pengamat meyakini kecenderungan ini masih berubah, namun ini dinilai bisa jadi menggambarkan peta suara pada pilpres mendatang. Sebab, para pemilih muda dari kelompok umur Gen Z dan Milenial akan menyumbang 60% dari total pemilik suara sah. Prabowo sendiri telah mengungkapkan bahwa dia siap maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.

Sebelumnya, Prabowo pernah mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada Pilpres 2004, lalu sebagai presiden pada Pilpres 2009 dan 2014. Pengamat politik dari Indikator Politik, Bawono Kumoro mengatakan kepopuleran Prabowo di kalangan Gen Z bisa jadi salah satunya dipengaruhi oleh personanya di media sosial. Prabowo terlihat mengubah pendekatannya dengan para pemilih muda.

Baca Juga: PDIP Utak-atik Pidato Prabowo, Ungkap Sinyal Pecah dengan Jokowi

Beberapa waktu belakangan, unggahan swafoto Prabowo mendapat reaksi dari para pengguna media sosial. Dia disebut “baby face”. Foto Prabowo bersama kucing-kucingnya juga kerap muncul dari media sosial.

Persona ini berbeda dengan sosok Prabowo yang selama ini kerap dianggap “tegas”, “berwibawa”, dengan latar belakang militernya. Persona itulah yang sebelumnya oleh Albert, dianggap sebagai “rebranding” yang membuat sosok Prabowo dirasa lebih dekat dengan generasi muda. dsy/kmp

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU