Kontes Kambing Senduro Diharapkan Dongkrak Perekonomian Lumajang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 19 Jun 2023 12:08 WIB

Kontes Kambing Senduro Diharapkan Dongkrak Perekonomian Lumajang

i

Kontes kambing etawa Ras Senduro. Foto: Kominfo Lumajang.

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar Open Kontes Kambing Senduro Pra Piala Presiden 2023, di Bumi Perkemahan Glagaharum Kabupaten Lumajang pada Minggu (18/6/2023).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap event tersebut ke depannya mampu meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat. Pasalnya, banyak orang di Kecamatan Senduro yang berternak kambing dengan menghasilkan susu.

Baca Juga: Pilkada Lumajang 2024, Elektabilitas Cak Thoriq Tak Terkejar

“Kita berharap Senduro selain menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Lumajang, juga akan ada event-event kegiatan yang itu bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Senduro,” kata Bupati Thoriq, Minggu (18/6/2023).

Menurutnya, kontes-kontes kambing Ras Senduro akan mengangkat nama Kabupaten Lumajang dan terdengar luas di masyarakat.

"Ratusan pecinta kambing kontes dari berbagai daerah di regional Jawa Timur, ambil bagian dalam Kontes Kambing Etawa Ras Senduro Tahun 2023 di Kabupaten Lumajang," ujarnya.

Baca Juga: Januari-Maret, 6 Orang di Lumajang Meninggal Karena DBD

Ratusan peserta yang mengikuti kontes tersebut di antaranya dari Kabupaten Malang, Banyuwangi, Pasuruan, Lamongan, Jember dan Probolinggo. Adapun dalam kontes kambing etawa Ras Senduro tersebut terdapat 11 kelas yang dilombakan.

Orang nomor satu di Kabupaten Lumajang itu meyakini bahwa kambing etawa Ras Senduro akan semakin meroket seantero Indonesia baik dari segi harga dan branding.

Baca Juga: Pasar Murah di Lumajang akan Digelar Selama Ramadhan

"Kambing Senduro harus terus dilestarikan dan dikembangbiakkan, yang itu menjadi kebanggaan kita Kabupaten Lumajang sekaligus kebanggaan Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan dan meningkatkan kegiatan tersebut, sehingga di tahun-tahun yang akan datang akan terus ada kontes kambing di Kabupaten Lumajang. lmj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU