Diskoperindag Situbondo Alihkan CFN ke Kompleks Pasar Mimbaan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Jun 2023 09:53 WIB

Diskoperindag Situbondo Alihkan CFN ke Kompleks Pasar Mimbaan

i

Pembukaan acara Car Free Night di Kabupaten Situbondo beberapa waktu lalu. Foto: Pemkab Situbondo.

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo berencana mengalihkan Car Free Night (CFN) ke kompleks Pasar Mimbaan.

Hal tersebut disampiakan oleh Kepala Diskoperindag Kabupaten Situbondo, Edi Wiyono dalam agenda rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah elemen terkait di Kabupaten Situbondo, Senin (19/6/2023).

Baca Juga: Ratusan Pemudik asal Madura Padati Pelabuhan Jangkar

Dalam kesempatan itu, Edi mengungkapkan bahwa terdapat peningkatan pendapatan kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada acara car free night pada bulan Ramadhan beberapa waktu lalu.

Mantan Sekretaris Bappeda Kabupaten Situbondo itu menyampaikan, tercatat ada pendapatan sebesar Rp 30 jutaan setiap malamnya. Namun, terjadi pro kontra mengenai lokasi CFN di Jalan Irian Jaya. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melakukan evaluasi dimana CFN akan dialihkan ke kompleks Pasar Mimbaan sementara ini.

“Disana kalau malam sudah banyak toko yang tutup, maka CFN akan dialihkan ke kompleks Pasar Mimbaan,” kata Edi.

Edi menuturkan, rencananya CFN sempat akan dialihkan ke Jalan Seroja dan Jalan Mawar. Namun karena masih ada protes, Pemkab Situbondo kembali melakukan evaluasi. Selain itu, ketika dialihkan ke kawasan Jalan Cendrawasih, juga banyak warga yang menolak (kontra).

“Itu kami juga mengundang Camat dan Lurah, juga memberikan penjelasan yang sama yakni banyak warga yang menolak adanya CFN. Kalau dialihkan ke kompleks Pasar Mimbaan akan menghidupkan pasar setempat,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Situbondo Gelar Gerakan Pangan Murah

Mengenai dampak toko di kanan kiri Pasar Mimbaan, lanjut Edi, tidak menimbulkan masalah sebab  komplek toko tersebut merupakan milik Pemkab Situbondo.

Ia menjelaskan, saat CFN digelar pada bulan ramadan lalu, ada kendala karena pemilik stand UMKM membuka jualan pada sore hari. Padahal menurutnya, CFN dibuka mulai malam hari sehingga tidak menggangu pemilik toko di Jalan Irian Jaya.

“Ini masih di rapatkan lagi, ulasnya, untuk mengurangi dampak dari elemen lain. Ya yang idealnya Itu CFN dibuka mulai jam 18.00 wib atau bada Maghrib,” pungkasnya.

Baca Juga: Menyeberang ke Madura, Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Batasi Kendaraan Logistik

Lebih lanjut, ia menambahkan, pihaknya akan membuat tim kecil untuk memastikan arahan Sekda terkait realisasi CFN di kompleks Pasar Mimbaan Situbondo.

“Setelah ini nanti positif kami akan mengundang elemen lain yang lebih besar lagi. Artinya nanti setelah disepakati bersama, maka CFN dipastikan akan dialihkan ke dalam Pasar Mimbaan,” tutupnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Sekda Wawan Setiawan, perwakilan Polres, Kodim, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta Camat Kota berikut sejumlah Lurah. stb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU