Kejuaraan Batu International Tourism Paragliding Festival Kembali Digelar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 07 Jul 2023 14:20 WIB

Kejuaraan Batu International Tourism Paragliding Festival Kembali Digelar

i

Kejuaraan Batu International Tourism Paragliding di Kota Batu. Foto: istimewa.

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Kejuaraan Batu International Tourism Paragliding Festival 2023 kembali digelar di Kota Batu usai vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Pembukaan kegiatan ini akan diselenggarakan di Graha Pancasila, Kamis (6/7/2023) malam.

Pembukaan kejuaraan dilakukan oleh Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dan kejuaraan akan berlangsung hingga Minggu (9/7/2023) mendatang.

Baca Juga: Gaya Hidup Baru Menteri, Sport Tourism

Sebanyak 132 atlet paralayang dari Indonesia dan 8 atlet paralayang dari Malaysia ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Lanud ABD Saleh, dan Korem 083 Baladika Jaya dan FASI Jatim ini. Hadiah yang diperebutkan pun jumlahnya cukup fantastis yakni senilai Rp 63 juta.

Adapun ajang ini dibagi menjadi beberapa kategori yakni Overall, Team, Women dan Junior. Perhelatan event tersebut akan berlangsung di Paralayang Gunung Banyak. Kemudian, para atlet paralayang akan landing di Songgomaruto.

"Keindahan alam pegunungan Kota Wisata Batu, tentu menjadi spot menarik di ketinggian 50 hingga 100 meter bagi pecinta olahraga paralayang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Drs Arief As Siddiq MH.

Sementara itu, Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan bahwa kegiatan ini sekaligus sebagai pengenalan dan promosi wisata Kota Batu. Selain itu, juga untuk mendorong perkembangan olahraga paralayang dan sport tourism yang semakin diminati masyarakat.

Baca Juga: Kenalkan Sport Tourism Jatim, Mountain Bike 2024 Digelar

“Kami akan terus mendukung dan memperbanyak event sport tourism di Kota Batu. Dengan menyesuaikan karakteristik dan potensi alam Kota Batu. Guna membangkitkan sektor pariwisata mulai dari Kota Batu, Jawa Timur hingga Nasional,” ujar Aries.

Lewat semangat dan kerjasama yang apik, Aries mengajak seluruh masyarakat untuk mensukseskan event tersebut. Menurutnya, ajang Batu International Tourism Paragliding Festival merupakan momen untuk menunjukkan bahwa Kota Batu adalah destinasi wisata yang berkelas internasional.

“Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan Batu International Tourism Paragliding Festival ini, menjadi momen promosi Kota Wisata Batu menjadi destinasi wisata berkelas internasional,” harapnya.

Baca Juga: ‘Sport Tourism’ Kota Malang Jadi Alternatif Dongkrak Sektor Pariwisata

Aries menilai, penyelenggaraan event yang sesungguhnya digelar tiap tahun ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat tersebut, lanjutnya, maka diharapkan pula sektor perekonomian di wilayah setempat juga ikut meningkat, sehingga pada akhirnya memberikan dampak positif kepada masyarakat Kota Batu.

“Dengan event ini kami berkeinginan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat,” tutupnya. bt

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU