PSHT Blitar Dukung Polisi Tindak Tegas Oknum Pesilat yang Mengganggu Kamtibmas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 21 Jul 2023 16:13 WIB

PSHT Blitar Dukung Polisi Tindak Tegas Oknum Pesilat yang Mengganggu Kamtibmas

i

Kapolres Blitar AKBP Anhar Arlia Rangkuti S.IK saat memberikan sambutan. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kurang 48 Jam pelaksanaan pengamanan dalam rangka pengesahan anggota baru perguruan silat di wilayah kabupaten Blitar, Kapolres Blitar AKBP Anhar Arlia Rangkuti S.IK pimpin gelar rapat koordinasi bersama seluruh jajaranya di rupatama Polres Blitar pada Jumat (21/7) siang guna mengintensifkan pasukan. Sekedar informasi pengesahan anggota baru perguruan pencak silat digelar pada Minggu (23/7) di wilayah Kec Kanigoro di Kabupaten Blitar. 

"Kami terus koordinasi dengan pasukan keamanan gabungan lainnya dari unsur TNI (KODIM 0808 Blitar dan Pasukan Yonif 511 Blitar) termasuk instansi terkait," kata AKBP Anhar pada Surabaya Pagi. 

Baca Juga: Diduga Tak Bisa Renang, Bocah di Dusun Gadungan Blitar Ditemukan Tewas Tenggelam

Sekaligus orang nomor satu di Polres Blitar ini menegaskan pihaknya akan menindak tegas terhadap oknum-oknum peserta atau simpatisan pencak silat yang coba mengganggu Kamtibmas dan ketertiban umum saat berlangsungnya puncak kegiatan atau sebelum pelaksanaan.

"Hal Ini kami lakukan guna menjamin kelancaran dan ketertiban dan keamanan  pada acara puncak  yang diselenggarakan rakan - rekan PSHT," ujar AKBP Anhar.

AKBP Anhar menambahkan jika terbukti adanya tindakan yang mengganggu Kamtibmas, maka kami tetap akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan tupoksi, untuk itu AKBP Anhar mengharapkan kerjasama dari seluruh peserta dan masyarakat untuk menciptakan atmosfer yang damai dan harmonis selama acara berlangsung.

Untuk diketahui sah-sahan anggota baru perguruan Silat PSHT (Persaudaraan Setia Hati Teratai) setiap pada bulan Suro (Tahun baru Islam 14435) digelar anggota baru PSHT secara ritual yang diikuti ratusan anggota baru. 

 

Baca Juga: Butuh Uang untuk Keperluan Sehari-hari, Warga Blitar Curi Hp Tetangga

Guna mengamankan jalannya pengesahan dari PSHT pada Rabu (18/7) kemarin, Pemkab Blitar dan Jajaran Forpimda Kab/Kota Blitar lakukan rakor di pendopo Ronggo Hadinegoro Kab Blitar, juga hadir seluruh pengurus dua perguruan silat PSHT dan PSHW.

Sementara Ketua SH Terate Cabang Blitar Ibnu Sudibyo menjelaskan, pengurus cabang juga menyiapkan tenaga pengamanan berupa Pamter (pengamanan PSHT). “Sebanyak 200 personel yang dikerahkan selama acara dilakukan," kata Sudibyo.

Untuk itu Sudibyo meminta para anggota di tingkat ranting hingga rayon untuk tidak melakukan konvoi di jalanan sebelum dan setelah kegiatan. 

"Himbauan ini sudah kami sampaikan secara tertulis hingga berbentuk video," terang Sudibyo.

Baca Juga: Positif Narkoba, Kasat Reskoba Polres Blitar Digelandang ke Polda Jawa Timur

Ia menegaskan jika ada oknum anggota yang melanggar hukum tak segan ditindak sesuai aturan yang berlaku oleh pihak yang berwajib.

Ketua SH Terate Cabang Blitar juga menegaskan tidak akan menghalangi kepolisian dalam menindak dan memproses hukum oknum yang melanggar. 

“Kami juga tidak akan membantu mereka, karena itu urusan pribadi,” pungkas Sudibyo pada Surabaya Pagi. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU