AH Thony Desak Hentikan Daur Ulang Sampah Plastik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jul 2023 19:35 WIB

AH Thony Desak Hentikan Daur Ulang Sampah Plastik

i

AH Thony Desak Hentikan Daur Ulang Sampah Plastik 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Ketua DPRD Surabaya memberi perhatian serius atas over supply sampah di TPA Benowo. Dia merekomendasikan  dalam rangka mengurangi penumpukan  sampah perlu dipikirkan langkah penghancuran dengan tetap memperhatikan lingkungan yang aman. 

"Kalau memungkinkan dilakukan pembakaran, ya dilakukan pembakaran saja. Yang penting ada edukasi. Sampah mana yang boleh dibakar dan tidak karena bisa menimbulkan polusi," kata Thony. 

Baca Juga: Kolaborasi Harmoni Aksara Jepang dan Jawa di Surabaya

Selain itu, penghancuran sampah dengan cara dibakar bisa dilakukan dengan aman sehingga tidak memantik munculnya bahaya kebakaran hunian. Misalnya di tempat yang steril dan aman. Tidak di tengah hunian padat. 

Pimpinan DPRD ini juga menyikapi konsep reuse sampah plastik di Surabaya. Pemanfaatan kembali sampah plastik sudah saatnya dievaluasi. Jangan terus menerus dilakukan dan diberi toleransi. 

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Inisiasi Sandingkan Budaya Global Jepang Jawa

Surabaya harus berani memotong sampah plastik secara kongkrit. Jangan seperti sampah plastik tidak boleh beredar di toko modern tapi membludak di pasar tradisional. Mari kita pikirkan penghancuran sampah plastik hingga jadi debu dan sisanya bisa diterima kembali oleh tanah. 

"Kalau kita terus menerus memberi kesempatan daur ulang sampah plastik, berarti sama saja melakukan pelestarian sampah plastik berkelanjutan,  berkesinambungan dan penumpukan," tandasnya. 

Baca Juga: THR Dapat Dongkrak Produktivitas dan Industri Rumah Tangga

Selain itu, AH Thony juga meminta agar Pemkot Surabaya juga memperhatikan pengelolaan sampah gragal atau sisa material bangunan. Selain masyarakat kesulitan setelah merobohkan bangunan lama, kosnep reuse bisa dialihkan ke sampah gragal ini. 

"Pemkot bisa menyediakan lahan khusus untuk mengolah kembali sisa material gedung dan bangunan lama yang diambrukkan. Gedung bertingkat yang diambrukkan juga perlu sampah gragal. Pemkot harus menjangkaunya agar tidak susah," kata AH Thony. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU