Depo dan TPS Ditutup, Jalanan Gang di Yogyakarta Dipenuhi Tumpukan Sampah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 04 Agu 2023 13:23 WIB

Depo dan TPS Ditutup, Jalanan Gang di Yogyakarta Dipenuhi Tumpukan Sampah

i

Tumpukan sampah menumpuk hingga menutupi gang di Jalan Sastrodipuran, Kota Yogyakarta. SP/ YGY

SURABAYAPAGI.com, Yogyakarta - Warga setempat tengah diresahkan adanya tumpukan sampah hingga menutupi jalanan di salah satu gang di Jalan Sastrodipuran, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta sejak Kamis (03/08/2023). 

Sampah di Yogya memang sedang darurat imbas direvitaliasinya TPA Piyungan. Sampah tak bisa terangkut seluruhnya dan menyebabkan jalan-jalan dan sudut-sudut rumah di Yogya penuh dengan sampah.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Masyarakat Peduli Sampah dan Air di Kota Kediri

Salah seorang warga sekitar, Rudi menyebut sampah mulai banyak berserakan, pasca ditutupnya TPA piyungan sampai tumpukan sampah pun semakin banyak.

"Awal pertama (ada sampah) itu mulai penutupan (TPA Piyungan) itu tanggal 23 (Juli) itu. Itu sudah ada tapi tidak sebanyak ini," kata Rudi salah seorang warga, Jumat (04/08/2023).

Geram adanya tumpukan sampah yang semakin menggunung tersebut, warga akhirnya menutup jalan agar sampah tak menempel di kolong mobil dan tercecer ke mana-mana.

"Kalau mobil lewat sini (sampah) kebawa. Sekalian saja saya tutup (jalannya)," katanya.

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

Tak hanya itu, Rudi menduga sampah yang dibuang di jalanan tersebut, juga sampah dari hotel sekitar. "Kalau dibuka pasti ada salah satu dari hotel. Bayar orang untuk buang sampah yang gede-gede (plastik besar)," ujarnya.

Menurutnya, petugas sampah baru mengambil sampah tadi. Namun, yang diambil adalah sampah di gang sebelah. Bukan di gang yang ditutup itu.

"Tadi sudah diambil satu truk," katanya.

Menanggapi kondisi tersebut, Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo mengatakan besok pagi akan dibereskan besok pagi sebelum pukul 05.00 WIB.

Baca Juga: H-2 Lebaran, Volume Sampah di TPA Jabon Naik Hampir 100 %

"Itu besok pagi kita eksekusi karena hari ini sudah penuh, di dump truk kita sudah penuh. Jadi kita ini sudah mulai beroperasi jam 5 pagi," kata Singgih.

Singgih mengatakan depo dan TPS di Kota Yogyakarta sudah dibuka semua secara terbatas. Dirinya juga meminta masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di jalan. 

"Depo dan TPS seluruhnya sudah kita buka dengan jadwal-jadwal, semoga masyarakat bisa membawa sampah residu ke depo terdekat sehingga tidak taruh ke jalan-jalan," jelasnya. dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU