Erick Thohir Kaji KCJB Diteruskan ke Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 14 Sep 2023 20:54 WIB

Erick Thohir Kaji KCJB Diteruskan ke Surabaya

i

Erick Thohir saat menemani Presiden Jokowi menjajal kereta api cepat jurusan Jakarta-Bandung.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Saat ini, Menteri BUMN Erick Thohir tengah mengkaji KCJB bisa diteruskan sampai ke Surabaya. Ia berharap hal itu dapat terealisasi seperti halnya diterapkan oleh negara-negara maju.

"Nah, tentu ini yang kemarin sedang dihitung ulang, untuk lebih efisiensi lagi juga kereta cepat Jakarta -Bandung didorong sampai Surabaya. Kita masih kalkulasi," Erick usai rapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

"Ya kalau negara-negara maju seperti Perancis, Itali, Inggris, China apalagi, sudah mempunyai sampai 26.000 KM ya kita kalau mau maju kita harus bisa. Tetapi, tentu dengan hitung-hitungan yang baik, bukan hanya euforia punya kereta api cepat, kan gitu. Dan yang harus juga, aman," tambah Erick.

Ternyata operasi ke Bandunh mundur lagi. "Mohon konfirmasinya kapan bisa beroperasi untuk rakyat dan rasanya kapan akan disambung sampai ke Surabaya, harap Harris, anggota DPR-RI Komisi VI.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

Ia berharap kereta cepat ini bisa melaju sampai ke Surabaya. Ia mengatakan jika hal itu terealisasi pasti akan menjadi sebuah legacy dari kepemimpinan Erick Thohir.

"Karena kalau hanya Jakarta-Bandung yang kemudian di banggakan 27 menit rasanya akan jauh lebih bermanfaat kalau 3 jam menuju ke Surabaya dari Jakarta. Ini rasanya bisa menjadi satu pencapaian yang luar biasa kalau di masa Pak Erick bisa sampai ke Surabaya, paling tidak awalnya lah sampai ke sana," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Dituding Lebihi Soeharto

Menteri Perhubungan Budi Karya Senin (31/7/2023) menjadwalkan pelaksanaan konstruksi proyek kereta api cepat Jakarta-Surabaya diperkirakan pertengahan tahun 2024 sudah jangkau Jakarta - Cirebon. Tahun 2025 dari Cirebon ke Semarang lanjut ke Surabaya. n erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU