China Menentang Kerjasama Antara Amerika Serikat dan Taiwan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 15 Sep 2023 15:08 WIB

China Menentang Kerjasama Antara Amerika Serikat dan Taiwan

i

Tan Kefei, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - China dengan tegas menentang Amerika Serikat melakukan kontak resmi dengan wilayah Taiwan di China. Pada Kamis (14/09/2023) Kementerian Pertahanan Nasional China mendesak Amerika Serikat (AS) untuk menghentikan segala bentuk hubungan militer dengan Taiwan.

Hal ini disampaikan oleh juru bicara Tan Kefei yang memberikan komentar terkait informasi interaksi militer Taiwan baru-baru ini dengan Amerika Serikat. Hal ini juga termasuk laporan rencana untuk membeli sistem peletakan ranjau dari Amerika Serikat.

"Kami dengan tegas menentang Amerika Serikat melakukan segala bentuk kontak resmi dengan wilayah Taiwan di China dan menjual senjata ke pulau itu," tegasTan.

Iya juga menyampaikan bahwa kolusi Taiwan dan Amerika menghancurkan Taiwan.

"Kolusi antara Taiwan dan Amerika Serikat akan merugikan dan bahkan menghancurkan Taiwan," tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa akan mengalahkan segala aktivitas separatis yang mengupayakan campur tangan eksternal.

"Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok selalu waspada dan akan dengan tegas mengalahkan segala aktivitas "separatis" yang mengupayakan kemerdekaan Taiwan dan upaya campur tangan eksternal," tegas Tan.

China sendiri saat ini, sedang berusaha memperdalam integrasi antara provinsi pesisir Fujian-Taiwan  dengan alasan kerja sama lintas selat yang lebih erat. Namun, hal ini dilakukan dengan mengirimkan kapal perang menunjukkan kekuatan militer di sekitar pulau itu.

Para ahli mengutarakan pendapat terkait pendekatan “penghargaan dan hukuman”, yang telah diterapkan China selama bertahun-tahun itu menandakan pilihan antara reunifikasi secara damai atau agresi militer menjelang pemilihan presiden Taiwan tahun depan.

China juga mengumumkan rencana untuk zona demonstrasi pembangunan terpadu di provinsi Fujian tenggara, yang paling dekat dengan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri dan demokratis itu, pada Minggu ini.

Sebagai bagian dari rencana tersebut, China melalui Komite Sentral Partai Komunis dan Dewan Negara pada hari Selasa mendorong perusahaan-perusahaan di Taiwan untuk mencatatkan sahamnya di bursa saham China dengan menjanjikan kondisi yang lebih baik bagi investor Taiwan dan lingkungan perjalanan yang lebih santai.

Adapun Taiwan mengatakan, China telah memperkuat pangkalan militer di garis pantai menghadapi pulau yang mempunyai pemerintahan sendiri itu

'Tujuannya adalah untuk membangun zona percontohan pembangunan terpadu di seluruh wilayah provinsi Fujian untuk sepenuhnya menunjukkan pengaruh Fujian sebagai tujuan pilihan pertama bagi masyarakat dan perusahaan Taiwan untuk mengejar pembangunan di daratan," kata Wakil Direktur Kantor Urusan Dewan Negara Taiwan, Pan Xianzhang pada konferensi pers hari Kamis.
Taiwan sendiri saat ini dengan tegas tetap menolak kedaulatan China. jk-5/Acl

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU