Para Peneliti EASD Jerman: Teh Hitam Mampu Kurangi Risiko Diabetes

author surabayapagi.com

share news
share news

URL berhasil dicopy

share news
Illustrasi rutin meminum teh hitam mampu cegah terkena diabetes. SP/ SBY
Illustrasi rutin meminum teh hitam mampu cegah terkena diabetes. SP/ SBY

i

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Para peneliti melalui studi yang dipresentasikan di pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) di Hamburg, Jerman, menemukan bahwa minum teh hitam secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes hingga hampir setengahnya.

Penemuan tersebut ditemukan para peneliti dengan melibatkan 1.923 orang dewasa dari delapan provinsi di Tiongkok. Dari jumlah tersebut, 436 peserta mengalami diabetes, 352 orang pradiabetes, dan sisanya memiliki kadar glukosa darah normal.

Mereka meneliti frekuensi dan jenis teh yang dikonsumsi oleh para partisipan. Peneliti menemukan mereka yang minum teh hitam setiap hari mempunyai risiko 53 persen lebih rendah terkena pradiabetes dan 47 persen lebih rendah berisiko kena diabetes tipe-2 dibandingkan dengan orang yang tidak pernah minum teh.

Diabetes tipe-2 terjadi ketika sel-sel mengalami resistensi insulin, suatu kondisi di mana sel-sel tidak merespons secara normal terhadap insulin-hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur gula darah.

Sementara itu, pradiabetes adalah suatu kondisi kadar gula darah tinggi, tetapi, tidak cukup tinggi untuk dianggap diabetes.

Seseorang dianggap mengalami diabetes jika kadar gula darah puasanya 126 mg/dL atau lebih tinggi dalam dua tes terpisah, sedangkan mereka termasuk pradiabetes bila kadar gula puasanya antara 100 hingga 125 mg/dL.

Para peneliti mengaitkan efek perlindungan pada pengelolaan gula darah karena kebiasaan minum teh.

“Temuan kami mengisyaratkan efek perlindungan dari kebiasaan minum teh terhadap pengelolaan gula darah melalui peningkatan ekskresi glukosa dalam urin, peningkatan resistensi insulin dan dengan demikian kontrol gula darah yang lebih baik,” kata Tongzhi Wu peneliti sudi dari University of Adelaide, Australia, Kamis (05/10/2023).

Wu menekankan manfaat paling terasa di antara peminum teh hitam setiap hari. Menurut peneliti, rahasia kontrol metabolisme yang lebih baik terletak pada fermentasi mikroba pada teh hitam.

Proses tersebut menghasilkan senyawa bioaktif dengan efek antioksidan dan inflamasi, yang meningkatkan sensitivitas insulin, kinerja sel beta pankreas yang lebih baik, dan mengubah komposisi bakteri usus. sb-07/dsy

Tag :

Berita Terbaru

Rahasia Kulit Kencang Alami, Ini yang Perlu Diketahui

Rahasia Kulit Kencang Alami, Ini yang Perlu Diketahui

Senin, 10 Agu 2026 14:23 WIB

Senin, 10 Agu 2026 14:23 WIB

SURABAYAPAGI.com – Kulit kencang sering dianggap sebagai salah satu tanda kulit yang sehat, bukan sekadar soal penampilan. Seiring bertambahnya usia, produksi k…

Bali Bukan Cuma Pantai, Ini Aktivitas Sehat yang Wajib Dicoba

Bali Bukan Cuma Pantai, Ini Aktivitas Sehat yang Wajib Dicoba

Senin, 10 Agu 2026 14:20 WIB

Senin, 10 Agu 2026 14:20 WIB

SURABAYAPAGI.com – Selama ini Bali identik dengan pantai berpasir putih, sunset di Uluwatu, atau deretan beach club yang ramai pengunjung. Padahal, di balik c…

Freelancer Makin Eksis, Ini Cara Manfaatkan Peluangnya

Freelancer Makin Eksis, Ini Cara Manfaatkan Peluangnya

Senin, 10 Agu 2026 14:18 WIB

Senin, 10 Agu 2026 14:18 WIB

SURABAYAPAGI.com – Jumlah pekerja lepas di Indonesia terus bertambah setiap tahun. Dari penulis, desainer grafis, hingga konsultan pemasaran, profesi freelance …

Tren Penggunaan Material Logam untuk Hunian Modern 2026

Tren Penggunaan Material Logam untuk Hunian Modern 2026

Senin, 10 Agu 2026 14:14 WIB

Senin, 10 Agu 2026 14:14 WIB

SURABAYAPAGI.com – Rumah-rumah baru tahun ini punya satu kesamaan: logam tak lagi sekadar menjadi struktur yang tersembunyi di balik dinding. Besi, baja, h…

Biaya Dinilai Mahal, Dua Proyek Desa Gempolklutuk Diduga Jadi Ajang Korupsi

Biaya Dinilai Mahal, Dua Proyek Desa Gempolklutuk Diduga Jadi Ajang Korupsi

Senin, 10 Agu 2026 13:34 WIB

Senin, 10 Agu 2026 13:34 WIB

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Proyek pemeliharaan jalan paving di RT 08, RW 04 dan pembangunan saluran drainase di RT 01, RW 01 Desa Gempolklutuk, Kecamatan…

Jelang Muktamar NU, Sosok Gudfan Arif Ghofur Dinilai Layak Masuk Bursa Ketum PBNU

Jelang Muktamar NU, Sosok Gudfan Arif Ghofur Dinilai Layak Masuk Bursa Ketum PBNU

Senin, 10 Agu 2026 11:53 WIB

Senin, 10 Agu 2026 11:53 WIB

SurabayaPagi, Surabaya – Menjelang Muktamar ke-35 Nahdlatul Ulama (NU), rekam jejak pengabdian H. Gudfan Arif Ghofur di lingkungan organisasi semakin banyak m…