PT KAI Daop 7 Madiun Keluarkan Himbauan pada Masyarakat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 06 Okt 2023 16:25 WIB

PT KAI Daop 7 Madiun Keluarkan Himbauan pada Masyarakat

i

Setelah berhenti sejenak KA Singosari melanjutkan perjalanan. SP/Lestariono

Atas KA Singosari Tertemper Mobil di Pintasan Tanpa Palang Pintu 

 

Baca Juga: Wanita Nekat Hadapi Polres Bangkalan

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Atas kecelakaan KA Singosari relasi Pasar Senen-Blitar di perlintasan tidak terjaga Jl. Kyai Abu Na'im, Duren, Kandangan, Kec. Srengat, Kabupaten Blitar, tepatnya antara Stasiun Rejotangan -Blitar pada hari Jumat, 6 Oktober 2023.

Untuk itu pihak PT KAI Daop 7 Madiun mengeluarkan himbauan kepada masyarakat  pengguna kendaraan yang akan melintas di perlintasan sebidang KA, untuk selalu berhati hati dan memastikan bahwa tidak ada Kereta Api yang akan/mau lewat, hal itu  disampaikan Supriyanto selaku Humas Daop 7 PT KAI Madiun melalui keterangan Persnya Jumat 6 Oktober 2023 pukul 15.00.

Baca Juga: Diduga Gagal Menyalip, Pemotor Tewas Terlindas Truk

"Himbauan tersebut sesuai dengan UU.Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas Sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 114, Pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel. Mengingat saat ini kecepatan perjalanan KA mencapai 120 km/jam," terang Supriyanto.

Masih menurut Kahumas Daop 7 PT KAI Madiun, hingga saat ini, di wilayah Daop 7 Madiun sudah terjadi 48 kali insiden di perlintasan dan jalur KA. Kejadian tersebut terdiri 17 kali temperan KA dengan kendaraan di perlintasan sebidang, 15 kali kendaraan menabrak palang pintu yang sudah tertutup dan 16 kali orang menemper KA. Dengan korban sebanyak 32 orang dan 22 diantaranya meninggal dunia.

“Dengan tertibnya masyarakat pengguna jalan dan peran optimal seluruh stakeholder, diharapkan keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud. Sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu dan pengguna jalan juga selamat sampai di tempat tujuan,” pungkas Supriyanto. 

Baca Juga: Bus Jawa Indah Seruduk Pos JPL KAI di Jalan Raya Mangkrengan

Perlu diketahui bahwa terjadi kecelakaan  Mobil Pick up Suzuki AG 8750 KW yang bermuatan Pipa menemper KA Singosari jurusan Malang -Jakarta pada Jumat (6/10-23) pukul 11.00 di pintasan tanpa palang pintu di Desa Kandangan Kec. Srengat Kabupaten Blitar, atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Menurut Supriyanto atas kejadian Lokomotif KA Singosari alami Lampu Kabut Lokomotif pecah dan Cow hanger penyok, sehingga perlu perbaikan, dan kereta api bisa melanjutkan perjalanannya. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU