Tinggi Potensi, Dewan Dorong BUMDes Optimalkan Desa Wisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 18 Des 2023 17:36 WIB

Tinggi Potensi, Dewan Dorong BUMDes Optimalkan Desa Wisata

i

Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Aini Zuroh

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Berbagai sumber daya alam (SDA) melimpah yang dimiliki Kabupaten Mojokerto mendapat perhatian serius dari Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuroh.

Menurutnya, keindahan panorama alam bukit, aliran air sungai, dan pegunungan di Kabupaten Mojokerto dapat menjadi daya tarik wisata bila dikelola sungguh-sungguh. Untuk itu, ia mendorong pengembangan desa wisata yang dikelola oleh unit badan usaha milik desa (BUMDes).

Baca Juga: Terciduk Edarkan Pil Double L 1.600 Butir, Dua Pemuda di Mojokerto Berhasil Diamankan

Untuk mewujudkan hal itu, ia menyebut desa wisata harus dapat mengintegrasikan potensi-potensi lain yang dimiliki. Baik potensi berbasis alam, budaya, dan wisata.

Baca Juga: Pasar Takjil Ketidur, Upaya Pj Wali Kota Ali Kuncoro Promosikan Aneka Kuliner Kota Mojokerto

Potensi yang dimiliki desa itu harus mendapatkan perhatian serius dari semua pihak, terutama dalam sisi pengembangan dan pengelolaannya agar optimal dan bisa menambah pundi-pundi PAD," ujar Ayni.

Ia lalu mencontohkan Wisata Petung Park yang dikelola BUMDes di Trawas. Petung Park ini selalu didatangi pengunjung, terutama saat weekend. Karena itu, ia mendorong BUMDes lainnya melakukan hal serupa.

Baca Juga: Penguatan CBT dan Digital Promotion, Empat Desa Wisata di Jatim Terima Bantuan dari KIP Foundation dan Sampoerna

"Alhamdulillah, kemarin Petung Park mendapat apresiasi dari Menteri Desa dan Daerah Tertinggal sebagai BUMDes yang memberdayakan semua potensi desa. Sangat perlu untuk memperluas wisata, karena lahan masih memungkinkan dan atensi masyarakat yang luar biasa," pungkas Aini. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU