Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Jaring Pemilih Pemula

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 20 Des 2023 15:46 WIB

Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan Jaring Pemilih Pemula

i

Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil Tecto bersama salah satu pelajar SMA Pasuruan (pemilih pemula), Rabu (20/12/2023). SP/ RIS

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pasuruan berkeliling ke sejumlah sekolah menengah atas (SMA) sederajat untuk menjaring pemilih pemula pada pemilu 2024. 

Langkah ini dilakukan untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan menjaring partisipasi pemilih pemula.

Baca Juga: KTP-el Drive Thru, Layanan Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan

Kegiatan ini dinamakan “Kependudukan Goes to School Digitalisasi Layanan Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024". Konteksnya, para petugas datang ke SMA/SMK/MA untuk memberikan edukasi tentang pentingnya dokumen administrasi kependudukan.

Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati, mengatakan, sasaran dari program ini adalah generasi milenial alias mereka yang berusia 17 tahun atau mendekati 17 tahun, sehingga masuk wajib KTP-el dan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi sebagai pemilih pemula.

"Kami keliling ke sekolah-sekolah. Kami edukasi tentang hak warga negara mendapatkan KTP elektronik ketika sudah berusia 17 tahun atau akan masuk usia 17 tahun. Terlebih tahun depan tahun politik, jadi mereka sudah pasti punya KTP dan punya hak mencoblos," kata Tecto, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga: Ngabuburit Bersama Dukcapil, Cetak KTP-el dan Bagi Takjil Gratis

Selama berkeliling ke sekolah, Dispendukcapil juga membawa alat perekaman kependudukan. Dari situ maka secara otomatis para siswa yang berusia 17 tahun maupun yang akan berusia 17 tahun pada H-1 coblosan, mengikuti perekaman.

Kata Tecto, rata-rata pihaknya sekali berkunjung bisa melakukan perekaman terhadap 50-100 siswa, dan untuk selanjutnya tinggal menunggu pencetakan KTP-el.

"Langsung direkam dan dicetak, dengan catatan blangko KTP-elnya ada," ucapnya. 

Baca Juga: Dispendukcapil Kabupaten Madiun Kebut Perekaman e-KTP bagi Pemilih Pemula

Tecto juga menegaskan bahwa terhitung Januari sampai hari ini, tercatat sudah ada 12.234 pemilih pemula yang telah memiliki KTP-el dan siap mencoblos. 

Ke depan, pihaknya terus berupaya meningkatkan integrasi sistem administrasi kependudukan dengan beragam layanan yang bisa diakses langsung oleh masyarakat. ris

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU