Hasil Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 48,6 Persen di Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Des 2023 11:34 WIB

Hasil Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo-Gibran Capai 48,6 Persen di Jatim

i

ARCI menyebut elektabilitas Prabowo-Gibran saat ini lebih unggul dibandingkan paslon capres-cawapres yang lainnya. SP/ Aini

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), baru saja membocorkan hasil survei elektabilitas capres-cawapres 2024 di Jawa Timur (Jatim).

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, mengungkapkan bawah elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendominasi di Jatim.

Baca Juga: Apple akan Bangun Akademi Developer di Surabaya

"Hasil survei ARCI di Jatim, elektabilitas Prabowo-Gibran teratas. Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin,” ujar Baihaki, Sabtu (23/12/2023).

Menurutnya, berdasarkan survei yang dilakukan mulai 10 sampai 20 Desember 2023 ini menunjukkan keunggulan Prabowo-Gibran dengan elektabilitas mencapai 48,6 persen. Dalam hasil yang mengejutkan, pasangan ini berhasil mengungguli pesaingnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, yang mencatatkan 26,1 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan angka 23,7 persen. Baihaki menyebut, dalam survei itu terdapat responden yang belum menentukan pilihannya.

"Sebanyak 1,6 persen responden belum menentukan pilihan," tambahnya.

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

Baihaki menjelaskan bahwa lonjakan elektabilitas Prabowo-Gibran mada kemungkinan dipengaruhi oleh perpindahan pemilih dari kubu Ganjar yang beralih mendukung pasangan ini, terutama karena semakin meningkatnya serangan politik terhadap Jokowi dari pasangan lawan.

"Semakin banyak serangan ke Jokowi dari paslon 03, maka semakin banyak juga suara yang berpindah ke paslon 02,” terangnya. Tak hanya itu, kerja keras dari kader partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), khususnya Gerindra, di Jatim juga menjadi faktor utama dalam keberhasilan Prabowo-Gibran meraih elektabilitas tertinggi di daerah tersebut.

Baihaki menekankan bahwa program kampanye yang tepat sasaran dan upaya sosialisasi yang gencar dari kader Gerindra, di bawah komando Anwar Sadad, telah menghasilkan dampak yang signifikan.

Baca Juga: Simpang Siurnya Pernyataan Gibran dan Hasto

"Kerja parpol di Koalisi Indonesia Maju sangat masif. Program kampanyenya tepat sasaran. Ini buah kerja keras juga dari kader Gerindra di Jatim di bawah komando Anwar Sadad yang sudah bertahun-tahun gencar mensosialisasikan Prabowo," tandasnya.

Sekedar diketahui, survei ARCI ini telah melibatkan 1.000 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, memberikan gambaran yang kuat terkait preferensi pemilih menjelang pemilihan presiden. Ain

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU