Home / Ekonomi dan Bisnis : Berkali-kali Molor dan Butuh 9 Tahun Pengerjaan

Bendungan Karian Senilai Rp2,2 Triliun Diklaim Terbesar dan Multifungsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Jan 2024 13:55 WIB

Bendungan Karian Senilai Rp2,2 Triliun Diklaim Terbesar dan Multifungsi

i

Presiden Jokowi saat berfoto bersama sejumlah pelajar SD saat meresmikan Bendungan Karian di Banten, Senin (08/01/2024). SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Banten - Bendungan Karian di Banten yang menghabiskan anggaran hingga Rp2,2 triliun baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (08/01/2024). Bendungan itu nantinya akan memberikan manfaat irigasi bagi 22.000 hektare (Ha) sawah. 

Diketahui, Bendungan Karian merupakan bendungan multifungsi yang berada di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Provinsi Banten yang dibangun sejak 2015. Tak hanya untuk irigasi di sawah saja, namun Bendungan Karian akan memberikan manfaat bagi masyarakat di Provinsi Banten, DKI Jakarta dan sebagian kecil di Jawa Barat.

"Bendungan ini memiliki volume tampungan 315 juta meter kubik dan luas genangan 1.773 ha. Dan bendungan ini menjadi salah satu bendungan terbesar yang kita bangun," jelas Jokowi dalam sambutannya, Selasa (09/01/2024).

Lebih lanjut, dirinya juga optimistis Bendungan Karian tersebut juga akan bisa memenuhi kebutuhan air baku sebesar 10,6 meter kubik per detik bagi masyarakat di Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel, serta Jakarta bagian barat dan Kabupaten Bogor. 

Selain itu, Jokowi menilai Bendungan Karian juga dapat bermanfaat bagi pengendalian banjir di daerah yang sering terdampak di Kabupaten Serang dan Kecamatan Rangkas Bitung.

"Keempat, bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohydro yang menghasilkan listrik 1,8 megawatt," pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, Bendungan Karian merupakan salah satu dari 65 bendungan yang dibangun oleh Kementerian PUPR pada periode 2015-2019 sebagai bagian dari Nawa Cita untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan ketahanan air. 

Presiden Jokowi awalnya menargetkan Bendungan Karian dapat rampung pada 2019. Namun, target tersebut tidak berhasil dicapai. Pemerintah akhirnya kembali menargetkan proyek tersebut rampung pada 2022, tapi kembali molor dari target hingga akhirnya baru diresmikan pada 2024.

Sebagai informasi, turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, dan Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan. bnt-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU