Roadshow Musrenbang Kelurahan, Pj Wali Kota Ali Kuncoro Sampaikan 'Janji Suci' Panca Bakti

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Jan 2024 13:43 WIB

Roadshow Musrenbang Kelurahan, Pj Wali Kota Ali Kuncoro Sampaikan 'Janji Suci' Panca Bakti

i

Pj Wali Kota Ali Kuncoro saat melaksanakam roadshow Musrenbang tingkat kelurahan.

 

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro mulai melakukan roadshow Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan. 

Dalam Musrenbang perdananya, Pj Wali Kota memperkenalkan Program Panca Bakti sebagai program 'janji suci' dalam 100 hari kerjanya. 

"Panca Bakti ini adalah janji suci sebagai wujud pengabdian saya kepada seluruh masyarakat. Dan ini wajib saya penuhi," tegasnya saat membuka Musrenbang Kelurahan Jagalan, Kecamatan Kranggan, Senin (15/1/2023).

Janji tersebut antara lain, memastikan inflasi terkendali, penurunan kemiskinan sampai angka 0 %, peningkatan pelayanan publik dan kemudahan investasi, pencegahan banjir dan netralitas ASN Kota Mojokerto selama pemilu 2024.

 

'Kenapa inflasi di urutan pertama, karena tiap minggu ada evaluasi dari Kemendagri. Selain itu, inflasi dampaknya cukup luas, termasuk pada pertumbuhan ekonomi dan berdampak pula pada persoalan pengangguran, kemiskinan," tegasnya.

Mas Pj juga menjelaskan, arah kebijakan Kota Mojokerto tahun 2025, yakni memantapkan pertumbuhan ekonomi melalui implementasi green economy dan penguatan kerjasama antar daerah.

"Tahun 2025 kita ingin semuanya serba green ekonomi dengan tetap memperhatikan lingkungan hijau. Kita akan perbanyak pembangunan taman kota, DPUPR Perakim sudah membuat konsepnya, termasuk GOR Ahmad Yani, ruang terbuka hijau dan seluruh industri harus ramah lingkungan," tegasnya.

Masih kata Mas Pj, tahun 2025 nanti pembangunan Kota Mojokerto sudah mengarah ke tematik dan harus ada diferensiasi atau pembeda dengan daerah lain.

"Kita sudah memiliki ciri khas Mojopahitan. Kita harap kedepan Kota Mojokerto akan menjelma menjadi kota yang berkelas dunia. Namun syaratnya, pembangunan sarprasnya harus pro lingkungan," pungkasnya.

Sementara itu, Agung Moeljono selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Mojokerto berharap pada forum Musrenbang kali ini akan ada usulan baru yang sesuai dengan arah kebijakan serta prioritas pembangunan Kota Mojokerto tahun 2025.

"Kamus usulan musrenbang tetap memprioritaskan tiga hal yakni Infrastruktur, pembangunan manusia dam ekonomi," tegasnya.

Masih kata Agung, hasil dari usulan-usulan musrenbang yang dilakukan pada 18 kelurahan yang ada di Kota Mojokerto ini, nantinya akan dirumuskan kembali di tingkat kecamatan. 

"Setelah tingkat kecamatan. Maka akan dilanjutkan musrenbang tingkat kota," ucapnya. 

Sekedar informasi, sesuai jadwal, kegiatan roadshow Musrenbang di 18 kelurahan se Kota Mojokerto dilaksanakan dari mulai tanggal 15 hingga 25 Januari 2024 mendatang.

Hari ini, Senin (15/1/2024), musrenbang tahun 2024 untuk tahun anggaran 2025 di gelar di dua tempat yakni Kelurahan Jagalan dan Kelurahan Balongsari Kecamatan Kranggan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bappeda Litbang, Agung MS, Kepala DPUPR Perakim Muraji, Camat beserta Lurah setempat. Dwi

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU