Tutup Rangkaian Kegiatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, PLN Gelar Aksi Tanam Pohon

author Arlana Chandra Byob

- Pewarta

Selasa, 13 Feb 2024 18:46 WIB

Tutup Rangkaian Kegiatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, PLN Gelar Aksi Tanam Pohon

SurabayaPagi, Surabaya - PT PLN (Persero) menggelar aksi tanam 260 pohon di Madiun dan Kediri dalam rangka menutup rangkaian kegiatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional. 

PLN menggelar aksi tanam pohon ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menyerap emisi CO2. 

Baca Juga: Perkuat Sinergi Bersama Stakeholder, PLN Hadirkan Layanan Kelistrikan Andal di Jatim

Berkolaborasi dengan Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perhutani) Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), aksi penanaman 200 pohon mahoni dilaksanakan di hutan kawasan Desa Sareng, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.

Kepala Seksi Pembinaan Sumber Daya Hutan (SDH) Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun Darmali mengapresiasi dukungan PLN melalui aksi ini.

“Kolaborasi yang baik di bidang lingkungan seperti ini harus terus dibina secara berkelanjutan karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama dalam melestarikan lingkungan,” ujar Darmali.

Baca Juga: Upaya Kurangi Emisi Karbon, Komisi VII DPR RI Apresiasi Kinerja PLN

Lebih lanjut ia menjelaskan, Pohon Mahoni merupakan jenis pohon yang cocok di daerah tersebut sebagai upaya penghijauan. Ia juga dapat mengurangi polusi udara sekitar 47 persen - 69 persen sehingga disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. 

Pada kesempatan yang sama, PLN turut memberikan sosialisasi terkait keselamatan ketenagalistrikan khususnya di bidang pertanian kepada kelompok tani yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. PLN mengimbau petani agar dapat menggunakan listrik di daerah pertanian maupun persawahan dengan aman dan bijak. 

Sementara di Kediri aksi penanaman Pohon Tabebuya melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri dan Yayasan Hijau Daun Kota Kediri di sepanjang tepi Jalan Semeru Kecamatan Mojoroto, Rabu (7/2/2024). 

Baca Juga: Upaya Pemerataan Akses Listrik di Seluruh Indonesia, PLN Sambung Listrik Gratis di Ponorogo

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo memaparkan selain aksi tanam pohon, peringatan bulan K3 juga ditutup dengan kegiatan donor darah di berbagai wilayah seperti Surabaya, Mojojerto, Kediri dan Madiun.

"Ratusan pegawai kami terlibat kegiatan bulan K3 Nasional ini. Tujuannya tidak hanya untuk penguatan budaya K3 melainkan juga kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Semoga rangkaian kegiatan dari apel siaga, sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan kepada masyarakat, donor darah, bakti sosial dan tanam pohon ini menjadi wujud nyata kontribusi PLN hadir di tengah masyarakat," pungkas Agus. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU