Dinsos Jatim Fasilitasi Kaum Rentan Ikut Nyoblos di Pemilu 2024

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Kamis, 15 Feb 2024 19:19 WIB

Dinsos Jatim Fasilitasi Kaum Rentan Ikut Nyoblos di Pemilu 2024

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemilu menjadi pesta demokrasi yang harus dirayakan seluruh warga Indonesia. Tak terkecuali kaum rentan seperti penyandang disabilitas dan lansia.

Menyemarakkan pesta demokrasi tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memastikan semua kaum rentan atau pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) yang menjadi binaan Dinsos Jatim bisa menyalurkan hak pilih mereka.

Baca Juga: Stok Protein Hewani di Jatim Dipastikan Aman hingga Selesai Lebaran 2024

Bahkan, 10 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Dinsos Jatim terpilih sebagai tempat pemungutan suara (TPS), baik yang diperuntukkan khusus bagi penerima manfaat (PM) atau juga masyarakat sekitar.

Kepala Dinsos Jatim Dra Restu Novi Widiani MM mengaku bangga karena 10 UPT Dinsos Jatim menjadi TPS. Karena sejak jauh hari sebelum hari pencoblosan, pihaknya mengikuti sosialisasi Pemilu dan melakukan advokasi untuk memastikan semua PM ikut menentukan nasib bangsa dengan menggunakan hak pilih mereka.

"Dinsos Jatim beserta seluruh UPT ikut menggerakkan semua PM untuk ikut dalam pesta demokrasi," kata Novi, dari keterangannya, Surabaya, Kamis, (15/2/2024).

Novi menjelaskan, TPS yang ada di UPT RSBD Pasuruan menjadi tempat pencoblosan bagi 135 pemilih. Rinciannya, PM UPT RSBD Pasuruan sejumlah 50 orang, pendamping dan keluarga PM UPT RSBD Pasuruan sebanyak 57 orang, PM UPT Rehabilitasi Sosial Bina Rungu Wicara (RSBRW) Pasuruan sejumlah 23 orang, serta pendamping PM sebanyak 5 orang.

Baca Juga: Menuju Jatim Inklusif Bencana, BPBD dan Opdis Libatkan Difabel dalam Program Siap Siaga

"Selain itu, ada 2 PM UPT RSBD Pasuruan dan 32 UPT RSBRW Pasuruan yang memilih di TPS luar,” sambung Novi.

Selanjutnya, Novi juga meninjau TPS yang berlokasi di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha (PSTW) Pasuruan. Jumlah pemilih di TPS ini berjumlah 75 orang lansia. Mereka merupakan PM lansia yang memang sehari-hari tinggal dan dilayani di UPT PSTW Pasuruan.

Baca Juga: Dishub Jatim: 3.835 Orang Mudik Gratis, Ponorogo Jadi Tujuan Favorit 

"Kami saksikan langsung bahwa di kedua TPS ini PM sangat antusias memberikan suara. Hari ini sangat bermanfaat bagi pemilih pemula, namun juga sangat mengharukan terutama bagi para lansia," tutur orang nomor satu di lingkungan Dinsos Jatim itu.

Selain di kedua TPS tersebut, Novi memastikan semua PM binaan Dinsos Jatim sudah memberikan hak suaranya di TPS yang tersedia, baik di TPS yang ada di UPT maupun di luar UPT.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah karena sudah dipercaya untuk menjadi TPS. Pesta demokrasi ini menunjukkan bahwa kita dan penyandang disabilitas atau kaum rentan lainnya setara dalam menggunakan hak pilih. Aku, Kamu, Kita Setara. Itu tagline kami. Mudah-mudahan semua jadi gembira dan Indonesia tetap jaya luar biasa," pungkasnya. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU