Perdana Pimpin Apel, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Genjot Semangat ASN

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Selasa, 20 Feb 2024 18:03 WIB

Perdana Pimpin Apel, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Genjot Semangat ASN

i

Pj Gubernur Adhy Karyono mengambil alih komando dengan menggelar apel perdananya di halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jatim, Surabaya, Selasa (20/2/2024).SP/Biro Adpim Pemprov Jatim

SURABAYAPAGI, Surabaya - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono, mengambil alih komando dengan menggelar apel perdananya di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Dalam arahannya, ia mendorong seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk mempertahankan budaya kerja dan kinerja unggul yang telah terbentuk selama lima tahun terakhir.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo 'Bolos' Halal Bihalal di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Adhy: Lebih Baik Tak Hadir

Adhy Karyono menekankan pentingnya menjaga kontinuitas kinerja yang telah mengantarkan Jawa Timur meraih prestasi dan pencapaian luar biasa di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah dan Wagub Emil.

"Budaya kerja tetap berjalan seperti biasa. Prestasi-prestasi yang telah dicapai merupakan hasil dari kinerja seluruh pegawai," kata Adhy, di halaman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jatim, Surabaya, Selasa (20/2/2024).

Dalam upayanya mempertahankan momentum pembangunan, ia menegaskan bahwa sistem dan program harus tetap berjalan, anggaran harus direalisasikan, dan target-target harus dicapai.

Masa transisi ke jabatan Pj Gubernur dianggapnya tidak memerlukan adaptasi berlebihan karena pengalamannya sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov) sebelumnya yang ia emban. 

Adhy juga mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kualitas kinerja, prestasi, dan capaian yang telah diraih.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim: Gus Mudhlor Masih Jabat Bupati Sidoarjo, Tunggu Langkah Tegas KPK

Dalam mengukur kinerja, selain dari nilai indikator, implementasi di lapangan juga menjadi perhatian utama. Ia meminta agar budaya kerja CETTAR (cepat, efektif, efisien, tanggap, transparan, akuntabel, dan responsif) tetap dijalankan.

"Tradisi-tradisi yang telah dibangun tentu sudah menjadi pengalaman, ini menjadi kinerja yang bagus dan itu bisa membantu maka kekompakan kita juga harus dijaga," tegasnya.

Sementara itu, menjaga rangka menjaga opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI, Adhy Karyono menyerukan kesediaan seluruh organisasi perangkat daerah untuk menyediakan segala permintaan yang dibutuhkan.

Ia juga mengajak seluruh ASN untuk melakukan evaluasi dan perbaikan guna meningkatkan efisiensi dan dampak program-program yang ditawarkan kepada masyarakat.

Baca Juga: ASN Jatim Tak Sepenuhnya Diizinkan WFH

"Apa yang kita programkan, kita coba create lebih bagus lagi, melakukan sesuatu yang bisa orang tahu, bukan persoalan viral atau tidak tapi orang tahu bahwa ini adalah sesuatu yang sangat bagus dan kecil tetapi juga bisa bermanfaat," ajak Adhy.

Ditutupnya arahannya dengan menyoroti pentingnya kedisiplinan, efektivitas, dan efisiensi dalam menjalankan tugas administrasi."Ini perlu diselesaikan dengan cara apa yaitu menggunakan SPBE dengan sistemik, bagaimana TTE dan TNDE bisa dilaksanakan," pungkasnya.

Apel yang dihadiri oleh berbagai instansi terkait, seperti Plh. Sekretaris Daerah Prov. Jawa Timur, para Asisten Sekda Prov. Jawa Timur, para staf ahli Gubernur Prov. Jawa Timur, para Kepala OPD Prov. Jatim, para direktur dan wakil direktur RSUD Prov. Jatim, serta seluruh pegawai di lingkup Setda Prov. Jatim, Bappeda Jatim, menandai langkah awal Adhy dalam memimpin Jawa Timur menuju masa transisi kepemimpinan yang lebih lanjut. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU