Pemkot Batu Anggarkan Rp 2,91 M untuk Renovasi RTLH

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 21 Feb 2024 19:41 WIB

Pemkot Batu Anggarkan Rp 2,91 M untuk Renovasi RTLH

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Pemkot Batu mengambil langkah serius dalam membantu masyarakat prasejahtera yang rumahnya tidak layak huni. Renovasi rumah tidak layak huni di wilayah Kota Batu akan dilakukan dengan alokasi anggaran yang telah disiapkan.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan ada sebanyak 97 rumah tidak layak huni yang akan direnovasi pada 2024 ini. Anggaran yang telah disiapkan Pemkot Batu untuk renovasi puluhan rumah itu sekitar Rp 2,91 miliar.

Baca Juga: Pemkot Batu Percepat Realisasi Sejumlah Program Prioritas

"Kami sebagai pemerintah hadir dan wujud keseriusan peduli kepada masyarakat kurang sejahtera," ujarnya kepada wartawan, Rabu (21/2/2024).

Aries menyampaikan tentang 8 prioritas program yang saat ini menjadi fokus Pemkot Batu. Salah satunya adalah program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH).

Sedangkan program prioritas lainnya meliputi penanganan intensif lansia, bantuan beras warga tidak mampu, bursa kerja, dan bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat rentan.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkot Batu Turunkan Tarif PAT Jadi 5 Persen

Selain itu Pemkot Batu juga sedang memprioritaskan program penurunan stunting, peningkatan kualitas kesehatan, hingga pembayaran JKN-PBID seluruh warga Kota Batu.

Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri menambahkan terkait program RTLH, Pemkot Batu mengacu pada Peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 6 tahun 2021.

Baca Juga: RPJPD Kota Batu Tahun 2025-2045 Ditetapkan

"Jadi penerima program itu harus terdaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Nanti penerima akan melalui proses verifikasi dan validasi terlebih dahulu," imbuhnya.

Sedangkan untuk dana renovasi itu nanti akan diberikan kepada penerima bantuan lewat rekening masing-masing. Kendati demikian, pelaksanaan pembangunan tetap dalam pengawasan Pemkot Batu. Bt-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU