Dongkrak Event Olahraga Berkualitas, Menparekraf Bakal Contoh ‘Sport Tourism’ Ala Jepang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Mar 2024 10:28 WIB

Dongkrak Event Olahraga Berkualitas, Menparekraf Bakal Contoh ‘Sport Tourism’ Ala Jepang

i

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengikuti Tokyo Marathon 2024 di Tokyo, Jepang, SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno rencananya akan segera mengembangkan wisata berbasis olahraga (sport tourism) di Indonesia dengan mencontoh Jepang. 

"Indonesia ingin belajar dari Jepang atas keberhasilan Tokyo Marathon 2024 yang merupakan salah satu event olahraga pariwisata terbaik di dunia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Kamis (07/03/2024). 

Baca Juga: Terima Kunjungan Kemenparekraf, Pj Wali Kota Bahas City Branding Bumi Majapahit

Diketahui, wisata berbasis olahraga (sport tourism) merupakan salah satu pasar di sektor pariwisata yang terus tumbuh terutama pasca pandemi. Berdasarkan data, wisata olahraga menyumbang sekitar 10 persen terhadap belanja pariwisata global dan diperkirakan tumbuh sebesar 17,5 persen dari tahun 2023 hingga 2030. 

Sementara itu, potensi sport tourism di Indonesia pada 2024 diperkirakan bisa mencapai Rp 19 triliun. Potensi itu ditopang oleh potensi alam yang indah, kontur alam yang bervariasi, serta wilayah yang luas.

"Serta ragam budaya dan keramahan masyarakat menjadikan Indonesia sangat tepat dalam penyelenggaraan sport tourism," kata Sandiaga, Kamis (07/03/2024).

Baca Juga: Sandiaga Uno: Konser Ed Sheeran Ditarget Mampu Dongkrak Ekonomi RI Rp 100 Miliar

Kedepan, Sandiaga pun ingin gelaran sport tourism di Indonesia bisa mencontoh Tokyo Marathon 2024. Dengan melihat kesuksesan Tokyo Marathon 2024 di Jepang yang diikuti lebih dari 38 ribu peserta dari berbagai negara bisa menjadi inspirasi dan penyemangat, sekaligus tolok ukur penyelenggaraan event berbasis olahraga dalam menarik kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"Indonesia ingin belajar dari Jepang atas keberhasilan Tokyo Marathon 2024 yang merupakan salah satu event olahraga pariwisata terbaik di dunia," ujar Sandiaga.

Sandiaga yang juga ikut serta dalam Tokyo Marathon 2024 mengatakan, sport tourism yang berkualitas harus dihadirkan agar dapat menarik wisatawan mancanegara. Sehingga, nantinya sport tourism dapat menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja baru.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Nikmati Makanan Indonesia di Garam Merica Sydney

"Semangat ini harus kita bawa kembali ke Tanah Air untuk mendukung kegiatan sport tourism, menghadirkan event-event olahraga yang berkualitas, yang mampu menarik banyak wisatawan mancanegara," ujar Sandiaga.

"Seperti saat MotoGP di Mandalika lalu, 35.000-45.000 lapangan kerja tercipta bukan hanya di Lombok saja, tapi secara nasional,” ujarnya. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU