Kontainer Command Center TRC-PB Tahan Gempa Diresmikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Mar 2024 18:59 WIB

Kontainer Command Center TRC-PB Tahan Gempa Diresmikan

i

BPBD Jatim meresmikan Kontainer Command Center TRC-PB yang berlokasi di halaman Kantor BPBD Jatim, Jumat (22/3/2024). SP/ BPBDJATIM

SURABAYAPAGI, Surabaya - BPBD Jatim meresmikan Kontainer Command Center TRC-PB yang berlokasi di halaman Kantor BPBD Jatim, Jumat (22/3/2024). Hal ini guna meningkatkan kualitas pelayanan kebencanaan, khususnya di pelayanan Pos Komando Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB)

Peresmian bangunan tahan gempa ini, ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti Command Center TRC-PB oleh Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto.

Baca Juga: ASN Jatim Tak Sepenuhnya Diizinkan WFH

Turut mendampingi, Sekretaris BPBD Jatim Andhika N Sudigda, Kabid Kedaruratan dan Logistik Satriyo Nurseno, Kabid PK Bige Agus Wahjuono dan segenap jajaran dan pejabat fungsional di lingkungan BPBD Jatim.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto mengungkapkan, BPBD itu harus mempunyai command center, posko jaga TRC yang bertugas menerima dan melanjutkan laporan kebencanaan selama 24 jam, dalam 7 hari.

Baca Juga: BPBD Kota Batu Canangkan Pembentukan Wisata Tangguh Bencana

Selama ini, command center itu dari tenda yang belum permanen yang masih banyak kekurangannya. "Dengan diresmikannya kontainer Command Center ini, semoga kualitas pelayanan teman-teman TRC bisa semakin meningkat," ujarnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Satriyo Nurseno menyampaikan, ide inovasi command center ini berasal dari Kalaksa BPBD Jatim yang menginginkan Posko TRC yang permanen dan tahan gempa.

Baca Juga: Posko Siaga Bencana Lebaran Ditutup, BPBD Jatim Catat 14 Banjir, 6 Longsor, dan 5 Angin Kencang

Karenanya, Command Center TRC ini menggunakan kontainer sebagai bahannya, karena konstruksi bangunannya merupakan konstruksi tahan gempa. "Selama ini, kita menggunakan tenda pengungsi. Tenda itu sebetulnya kan untuk kondisi darurat. Kalau dipakai terus menerus akhirnya gak layak," ujarnya.

Sementara, dua kontainer yang 'disulap' jadi Command Center TRC PB ini merupakan kontainer 40 ins yang berukuran sekitar 12 x 2,3 meter. Selain ruang tamu, Kontainer Command Center TRC ini juga dilengkapi ruang rapat,  ruang jaga dan tempat istirahat. "Di lantai paling atas itu nanti ada tempat ngopi dan koordinasi. Ini sebetulnya masih dasar. Kita masih akan kembangkan lagi nanti," pungkasnya.sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU