Pj Gubernur Adhy Karyono: Zakat, Senjata untuk Perangi Kemiskinan di Jatim

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Selasa, 26 Mar 2024 19:21 WIB

Pj Gubernur Adhy Karyono: Zakat, Senjata untuk Perangi Kemiskinan di Jatim

i

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono ajak jajaran Forkopimda salurkan Zakat lewat BAZNAS. SP/Aini

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, pimpin acara penyerahan zakat dan infaq bersama Baznas Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, hari ini, Selasa, (26/3/2024).

Ia mengajak seluruh Forkopimda, serta jajaran pengusaha, untuk menunaikan zakat dan infaq melalui Baznas Jatim.

Baca Juga: ASN Jatim Tak Sepenuhnya Diizinkan WFH

Adhy menyatakan keyakinannya bahwa penyaluran zakat melalui lembaga yang kredibel dan amanah seperti Baznas Jatim akan dikelola dengan baik dan transparan, serta dapat berkontribusi signifikan dalam menurunkan tingkat kemiskinan di Jawa Timur.

"Saya mengajak seluruh Forkopimda dan para pengusaha menunaikan Zakat dan juga Infaq melalui lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah yang kredibel dan amanah seperti Baznas Jatim. Dimana zakat yang diserahkan akan di-manage dengan baik," ujar Adhy.

Pada kesempatan tersebut, Adhy sendiri memulai penyerahan zakat dan infaq melalui QRIS Bank Jatim, diikuti oleh seluruh Forkopimda yang hadir.

Tidak hanya menyerukan penyaluran zakat, Adhy juga menekankan pentingnya pengelolaan zakat secara profesional untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh umat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berpesan kepada Baznas Jatim agar dana yang terkumpul bisa segera disalurkan tepat sasaran sehingga kita bisa turut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Baca Juga: Posko Siaga Bencana Lebaran Ditutup, BPBD Jatim Catat 14 Banjir, 6 Longsor, dan 5 Angin Kencang

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa, yang juga turut menyerahkan zakat.

Ia menegaskan pentingnya penyaluran zakat kepada penerima yang tepat melalui lembaga yang legal dan akuntabel, seperti Baznas. Terlebih, program yang dimiliki Baznas sangat membantu masyarakat.

"Kita bisa lihat program Baznas memberikan beasiswa kepada 1 keluarga 1 sarjana juga ada pula bantuan modal kepada para pelaku usaha yang pada Bulan Suci Ramadhan memiliki nilai manfaat yang begitu besar," ujar Mantan Menteri Sosial itu.

Tak hanya itu, Khofifah mengapresiasi, penyerahan zakat melalui sistem perbankan menggunakan QRIS dan mengundang seluruh element membuat kebersamaan atau bangunan tali silaturahmi begitu kuat.

Baca Juga: Bupati Sidoarjo Tersangka Kasus Korupsi, Pj Gubernur Jatim Beri Tanggapan Tegas

"Penyerahan Zakat, Infaq dan Shodaqoh hari ini menunjukkan adanya kebersamaan dan sinergitas antar lembaga begitu kuat. Pemerintah dan non pemerintah bersama-sama menyerahkan zakat yang dilakukan oleh Baznas Jatim," tandasnya.

Perlu diketahui, acara ini juga diwarnai dengan penyerahan bantuan beasiswa dan modal usaha kepada perwakilan penerima, yang diserahkan langsung oleh Adhy serta Khofifah.

Sementara itu, dilaporkan, pada pelaksanaan penyerahan zakat pertama yang melibatkan Kepala OPD dan BUMD berhasil terkumpul Rp 573,3 juta Baznas Jatim ditambah kupon yang diedarkan bagi pegawai ASN di Pemprov Jatim mencapai Rp 1,2 milliar sampai dengan pertengahan Ramadhan. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU