Anies Ingatkan, Gugatannya tak Diterima, Kecurangan Pemilu akan Terus TerjadI

author Erick Kresnadi Koresponden Jakarta

- Pewarta

Rabu, 27 Mar 2024 13:12 WIB

Anies Ingatkan, Gugatannya tak Diterima,  Kecurangan Pemilu akan Terus TerjadI

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Anies Baswedan, mengingatkan jika gugatannya tidak diterima, klaim kecurangan itu akan terus terjadi. Dia berbicara bahwa kecurangan akan menjadi karakter bangsa.

Saat ini, kata Anies tanggung jawab demokrasi Indonesia berada di pundak para hakim MK.

Baca Juga: Kesimpulan Sengketa Pilpres 2024, Diserahkan Selasa ini

"Yang mulia hakim Mahkamah Konstitusi, yang kami hormati, kami muliakan, apa yang kita saksikan ini bukanlah peristiwa biasa, ini adalah titik klimaks dari sebuah proses yang panjang. Penggerogotan atas demokrasi di mana praktik-praktik intervensi dan ketaatan pada tata kelola pemerintahan secara pelan-pelan tergerus," kata Anies, di MK, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga: Soal Gibran Bisa Cawapres Bukan Prof Yusril, Diperdebatkan di MK


Khawatir Rule by Law
"Oleh karena itu yang mulia hakim mahkamah konstitusi, di hadapan yang mulia kini terbentang satu momen paling krusial dalam perjalanan demokrasi kita, di pundak yang mulia terpikul tanggung jawab yang amat besar untuk menentukan arah masa depan demokrasi kita. Apakah kita akan melangkah dalam persimpangan jalan ini menjadi sebuah dengan rule of law atau rule by law? Demokrasi yang makin mapan atau kemunduran yang sulit untuk diluruskan tahun-tahun depan," tambahnya. jk/rmc

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU