Gudang Peluru Kadaluarsa Milik Kodam Terbakar, Tanpa Korban

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 31 Mar 2024 21:26 WIB

Gudang Peluru Kadaluarsa Milik Kodam Terbakar, Tanpa Korban

i

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan tidak ada korban akibat kebakaran gudang amunisi Kodam Jaya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

SURABAYAPAGI.COM, Bekasi - Gudang Peluru milik Kodam Jaya di Kawasan Gunung Putri, Kabupaten Bogor berbatasan dengan Kota Bekasi, Sabtu, terbakar disertai api membumbung.

Pada Minggu siang (31/3/2024) ada 6 mobil pemadam kebakaran terlihat menjauhi lokasi kebakaran.

Baca Juga: Ledakan Guncang Markas Brimob, Kapolda Jatim: Peledak Kategori Low Eksplosive

Minggu, tidak terlihat suasana mencekam seperti semalam. Meski demikian, lokasi menuju ke Gudang Munisi masih dijaga oleh jajaran TNI.

Kadispenad, Brigjen Kristomei Sianturi, mengatakab gudang itu berisi munisi-munisi yang sudah kadaluarsa. Munisi-munisi ini disebut hasil pengembalian dari berbagai satuan di wilayah Jakarta.

"Gudang nomor 6 itu berisi munisi-munisi yang sudah kadaluarsa, pengembalian dari berbagai satuan yang dilayani oleh kodam jaya di seluruh wilayah Jakarta ini," tutur Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Kristomei Sianturi, kepada wartawan, Sabtu (30/3).

Pangdam Jaya Mayjen M Hasan, mengatakan pihaknya akan melakukan investigasi penyebab kebakaran.

"Untuk detilnya masih akan kita investigasi," ujar Hasan kepada wartawan di sekitar lokasi, Minggu (31/3/2024).

Baca Juga: Pemberian Pangkat Jenderal TNI (HOR) ke Prabowo, Usulannya Panglima TNI

Disebutkan, isi gudang sendiri merupakan munisi yang sudah kadaluarsa dan tidak terpakai. Sehingga Hasan menyebut diperkirakan ledakan terjadi akibat unsur kimia pada munisi yang bersifat labil.

 

Gudang Penyimpanan Amunisi

Kasie Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, menjelaskan kondisi gudang di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya. Gatot mengatakan Gudang 6 menjadi lokasi paling parah usai kebakaran kemarin malam itu.

Baca Juga: Rabu ini, Prabowo Bintang Empat

Adapun di dalam Gudmurah terdiri dari beberapa gudang penyimpanan amunisi. Kebakaran terparah terjadi di gudang 6.

"Kalau kondisi gudang 6 sebenarnya kita datang itu sudah hampir rata ya, artinya rata tumpukannya itu di dalamnya itu tidak terlalu seperti menggunung namun ada bagian mortir yang masih tertimpa oleh rubuhnya tembok dan pagar bangunan sehingga di dalamnya itu masih terdapat panas yang bisa menyebabkan suatu ledakan kembali," ujar Gatot kepada wartawan di Asrama Gudmurah, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/4/2024).

Gatot mengatakan Damkar sudah menyatakan api padam dan pendinginan selesai pada pukul 08.15 WIB. Ia menyebut kondisi sudah dinyatakan aman. Tidak ada korban manusia. jk/rmc

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU