Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Apr 2024 19:27 WIB

Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Pemerintah Kabupaten Jember menggelar apel siaga gerakan pangan murah untuk menjaga pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan diikuti Bulog, UMKM, Pabrik Gula Semboro, PT RNI dan beberapa perusahaan bahan pokok yang digelar di lapangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, Senin (1/4).

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

"Kegiatan Gerakan Pangan Murah itu digelar secara serentak di seluruh Indonesia baik secara daring maupun luring," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember Andi Prastowo di lapangan BUMDes Dukuhmencek.

Ada beberapa komoditas pangan yang disediakan kegiatan tersebut mulai beras, gula, telur, daging ayam, cabai, bawang merah, bawang putih, dan minyak goreng.

"Harga bahan pokok yang dijual dalam pasar murah dalam kegiatan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan itu relatif lebih murah dibandingkan harga di pasaran," tuturnya.

Baca Juga: Pedagang Domba dan Sapi seluruh Jember dukung Gus Fawait Maju Calon Bupati

Ia berharap kegiatan itu membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan yang lebih terjangkau menjelang Lebaran karena harganya dipastikan lebih murah dibandingkan harga pasar.

"Selain itu diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk menekan laju inflasi karena kalau inflasi terlalu tinggi juga menjadi beban bagi masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Renovasi Alun-alun Jember Dianggarkan Rp 28 M

Pantauan di lapangan, warga di Desa Dukuhmencek rela mengantre demi mendapatkan bahan pokok dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasar seperti beras yang dibandrol dengan harga Rp52 ribu untuk kemasan 5 kilogram.

Bulog Jember yang membawa beras sebanyak 8 ton ludes dalam waktu kurang dari 2 jam karena komoditas tersebut paling diburu oleh warga karena harga beras di pasaran meroket mencapai Rp75 ribu per kilogram untuk beras premium. Jb-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU