Disbudparprov Jawa Timur Siapkan Destinasi Wisata Alam Sambut Mudik Lebaran 1445 H

author Riko Abdiono

- Pewarta

Kamis, 04 Apr 2024 22:42 WIB

Disbudparprov Jawa Timur Siapkan Destinasi Wisata Alam Sambut Mudik Lebaran 1445 H

i

Pantai Pangi di Kabupaten Blitar jadi pilihan wisata saat Mudik Lebaran.

 

Surabaya - Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, Provinsi Jawa Timur menjadi daerah tujuan pemudik saat libur Idul Fitri terbanyak ke-2 setelah Jawa Tengah. Tahun 2024 ini diprediksi ada  37,6 Juta orang atau naik 52,8% dari tahun sebelumnya. Dari jumlah pemudik tersebut diperkirakan akan ada kurang lebih 9 juta orang yang akan berkunjung ke daya tarik wisata (DTW) Jatim atau naik 50% dibandingkan tahun lalu. Yaitu 6 juta wisatawan selama libur lebaran tahun 2023. 

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Fenomena Tilang Elektronik Alami Peningkatan 15,9%

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Evy Afianasari, S.T., M.M.A, memandang hal tersebut sebagai peluang untuk menyiapkan daya tarik wisata di Jawa Timur guna menyambut lonjakan kunjungan wisatawan. Dengan melakukan pemantauan potensi lonjakan kunjungan masyarakat pada periode mudik di daya tarik wisata. Disbudparprov Jatim telah mengirim Surat nomor 500.13.2/12806/118.5/2024 terkait Himbauan dan Permintaan Data Kunjungan Wisatawan Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M. “Surat tersebut  ditujukan kepada Kepala Dinas yang menangani Pariwisata di Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur tersebut sebagai upaya persiapan menyambut Mudik dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024,” jelas Evy di kantornya, Kamis 4/4/2024.

Evy mengatakan, melalui surat tersebut Dinas Pariwisata Kabupaten dan Kota di Jawa Timur dihimbau untuk melakukan pemantauan daya tarik wisata, pengecekan wahana permainan, pembatasan kunjungan, antisipasi penataan tempat parkir, kewaspadaan bencana dan cuaca buruk, serta melakukan sinergitas dan koordinasi dengan stakeholder terkait. Di antaranya TNI, Polri, BPBD, tenaga Kesehatan (puskesmas/rumah sakit), Dinas Perhubungan dan lain-lain. 

Baca Juga: Lansia Terlantar di Bungurasih, Dinsos Jatim Berhasil Pertemukan dengan Keluarga

Surat tersebut ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata kabupaten/kota di Jawa Timur dengan membuat surat himbauan yang disampaikan ke pengelola daya tarik wisata di masing-masing wilayah. “Prediksi kenaikan jumlah wisatawan dipengaruhi oleh semakin bertambahnya

aksesibilitas, amenitas, dan sebanyak 25 rest area di sepanjang tol di Jawa Timur,” sebut manna Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur ini.

Baca Juga: Kompromi dengan Pemudik

Terkait puncak kunjungan wisatawan, Evy memprediksi akan terjadi pada tanggal 12 dan 13 April 2024. Sedangkan, 10 besar daya tarik wisata yang kemungkinan akan dipadati wisatawan saat libur lebaran di Jawa Timur, antara lain Kebun Binatang Surabaya (KBS), Telaga Sarangan, Jawa Timur Park I, Jawa Timur Park II, TR Selecta, Kawasan Wisata Ngreco/Lahor, Trans Studio Mini, Taman Safari, Monumen SLG, dan Jawa Timur Park III.

Jawa Timur memiliki beberapa desa wisata unggulan. Antara lain Desa Wisata Pujon Kidul - Kabupaten Malang, Desa Wisata Ketapanrame - Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Bangsring - Kabupaten Banyuwangi, Desa Wisata Pantai Kelapa - Kabupaten Tuban, dan Desa Wisata Serang - Kabupaten Blitar. Di Blitar juga terdapat sejumlah Pantai selatan yang eksotik berpasir putih, salah satunya Pantai Pangi yang cocok untuk menjadi destinasi disela mudik lebaran tahun ini. 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU