Pastikan Kebutuhan Listrik Jelang Idul Fitri Aman, PLN UIT JBM Jaga Sistem Transmisi di Segala lini

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Selasa, 09 Apr 2024 16:16 WIB

Pastikan Kebutuhan Listrik Jelang Idul Fitri Aman, PLN UIT JBM Jaga Sistem Transmisi di Segala lini

SurabayaPagi, Surabaya - Komitmen PLN menyediakan kebutuhan listrik pelanggan aman dan andal, utamanya dalam moment Hari Raya Idul Fitri menjadi amanah serius. 

Dari sisi transmisi, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) memegang andil menjaga sistem transmisi berfungsi optimal menyalurkan listrik di wilayah Jawa Timur hingga Bali.

Baca Juga: Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Dirut PLN Pastikan Seluruh Sistem Kelistrikan di Bali Andal

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin menyampaikan, giat pemeliharaan sudah dilakukan sejak jauh hari sebelum masa siaga. 

“Pemeliharaan gencar kami lakukan sebelum masa siaga untuk memastikan seluruh peralatan berfungsi optimal. Selama masa siaga berlangsung, PLN tidak melakukan kegiatan pemeliharaan, kecuali dalam inspeksi rutin ditemukan adanya indikasi hotspot pada peralatan, dan perlu tindakan cepat untuk mencegah terganggunya sistem," jelas Amiruddin.

Amiruddin menjelaskan pekerjaan yang dilakukan beragam mulai dari antisipatif, preventif hingga korektif. 

“Memastikan sistem transmisi andal, pemeliharaan terus dilakukan PLN untuk memastikan peralatan berfungsi optimal. Inspeksi rutin terus dilakukan, tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) diturunkan langsung selama bulan Ramadhan agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan untuk kebutuhan listrik dalam beraktivitas," ujarnya.

Seperti hal nya yang dilakukan UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Probolinggo dalam penggantian Isolator Korosi pada SUTT 150kV Genteng - Banyuwangi untuk memastikan terjaganya kondisi keandalan sistem kelistrikan di sisi timur pulau Jawa.

"Terlebih penghantar Genteng - Banyuwangi menjadi salah satu penghantar yang menyalurkan kebutuhan listrik sampai ke Bali," papar Amiruddin.

Baca Juga: KTT WWF ke-10 di Bali, PLN UIT JBM Siagakan Petugas 24 Jam Kawal Sistem Transmisi Andal

Amiruddin menyebutkan untuk mendukung penuh pergerakan perekonomian di Jawa Timur, pemeliharaan rutin 1 tahunan IBT#2 GITET 500kV Grati juga dilakukan. 

“Pemeliharaan rutin 1 tahunan pada GITET 500kV Grati dilakukan guna memastikan untuk kebutuhan suplai pelanggan-pelanggan potensial di Pasuruan yang merupakan wilayah industri agar tetap aman dalam berproduksi memenuhi kebutuhan pasar yang meningkat dalam masa Idul Fitri," jelas Amiruddin.

Langkah preventif juga gencar dilakukan untuk memastikan sistem transmisi aman dan PLN siap penuhi kebutuhan listrik pelanggan. 

“Sosialisasi terus kami sampaikan kepada masyarakat, dalam hal ini yang berada dekat dengan jaringan tower transmisi, mulai dari plastic mulsa yang ada di ladang milik petani yang berpotensi bahaya jika terbang tertiup angin mengenai jaringan, bermain layang-layang dekat dengan jaringan, hingga menerbangkan balon udara sebagai tradisi perayaan Idul Fitri. Medianya banyak, sosialisasi langsung kepada pelaku saat inspeksi petugas, talkshow di radio, edukasi di TV, dan tentu kolaborasi dengan aparat keamanan," ungkap Amiruddin sebutkan langkah preventif.

Baca Juga: Gelar Apel Siaga Kelistrikan, PLN Pastikan Keandalan Pelayanan KTT WWF 2024 di Bali

Tak lupa juga disebutkan Amiruddin, tindakan korektif akan dilakukan PLN jika dalam inspeksi ditemukan adanya anomali pada peralatan. 

“Jika terdeteksi anomali, tim PDKB bergegas untuk mencegah meluasnya potensi gangguan yang ditimbulkan, seperti pada perbaikan anomali hotspot pada Top Clamp PMS bay Bangkalan #2 dilakukan pembersihan pada clamp dan konduktor peralatan, guna menghilangkan kotor atau korosi yang dapat menjadi penyebab fisik terjadinya hotspot dan tindakan lainnya sesuai dengan alur penyelesaian pekerjaan. Sehingga dengan penanganan langsung seperti ini, dapat memastikan lifetime peralatan lebih lama juga keandalan penyaluran energi listrik di Pulau Madura tetap terjaga”, pungkas Amiruddin.

Pekerjaan kesiapan yang dilakukan sebelum masa siaga sebagai wujud pelayanan prima dan optimal dari PLN dan agar kontinuitas penyaluran listrik ke pelanggan tidak terganggu dalam masa Lebaran. Byb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU