Jamin Keselamatan Pemudik, Sopir Angkutan Umum di Jombang Jalani Tes Urine

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 13 Apr 2024 13:52 WIB

Jamin Keselamatan Pemudik, Sopir Angkutan Umum di Jombang Jalani Tes Urine

i

Wakapolres Kompol Hari Kurniawan saat di terminal Jombang.

SURABAYA PAGI, Jombang - Ratusan sopir angkutan umum menjalani tes urine di terminal Kepuhsari, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2024).

Tes urine yang digelar Polres Jombang bersama Dishub itu untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, akibat penggunaan obat terlarang saat arus mudik balik lebaran.

Baca Juga: Imigrasi Surabaya: 3.245 TKI Mudik Lebaran ke Indonesia Lewat Bandara Juanda

Kapolres Jombang, AKBP Eko Bagus Riyadi melalui Wakapolres Jombang, Kompol Hari Kurniawan mengatakan, kegiatan tes urine pada sopir angkutan umum ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

"Tes urine para pengemudi, baik sopir bus maupun travel, untuk mengantisipasi suatu penyalahgunaan, obat-obatan atau narkoba oleh sopir. Karena penyalahgunaan ini berpotensi akan menimbulkan kecelakaan, dan merugikan masyarakat," ujarnya.

Dari hasil tes urine terhadap ratusan sopir angkutan umum tidak ditemukan tanda-tanda sopir yang menggunakan narkoba maupun obat-obatan terlarang.

Baca Juga: Cegah Timbulnya Karatan, Wajib Cuci Mobil Usai Lewati Wilayah Pesisir

"Hasilnya dari keseluruhan sekitar 100, kita acak pengemudi, nihil ya negatif," tuturnya.

Selain melakukan tes urine pada para sopir angkutan umum, Hari menyebut pihaknya juga melakukan tes kesehatan sekaligus menghimbau para pemudik yang ada di dalam bus.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

"Betul, ini teman-teman dari urkes Polres Jombang, melaksanakan pemeriksaan tensi, tentunya untuk mengetahui kualitas kesehatan para sopir angkutan umum," kata Hari.

Ia pun menghimbau pada para pemilik usaha jasa layanan transportasi umum, agar menyiapkan sopir cadangan, mengingat para sopir yang mengangkut penumpang ini akan menempuh perjalan jauh.sar

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU