Kisah Pemudik Mobil Listrik, Jakarta-Muara Enim

author Raditya Mohammer Khadaffi

- Pewarta

Senin, 15 Apr 2024 10:07 WIB

Kisah Pemudik Mobil Listrik, Jakarta-Muara Enim

i

Ilustrasi. Pemudik menggunakan mobil listrik tengah mengisi daya kendaraan listriknya di SPKLU PLN. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Ini pengalaman pemudik menggunakan mobil listrik menuju wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Nama pemudik, Irfansyah. Warga Bintaro Jakarta ini saat lebaran 2024, telah menempuh jarak lebih kurang 980 kilometer tiba di Bengkulu.

Dia menempuh jalur mudik di Sumbagsel dengan masuk jalur Lampung lalu masuk ke Palembang dan menuju Muara Enim. Irfansyah telah mengisi daya kendaraan listriknya di SPKLU PLN. Dia mengungkapkan jika perjaalanan mudiknya sangat terbantu dengan mengisi daya cukup sampai di Bengkulu.

Baca Juga: KAI Bagi-bagi Promo Diskon 20% di Akhir Arus Balik Lebaran 2024, Simak Cara Daftarnya

"Ada SPKLU 200 kW PLN juga membuat pengisian daya berjalan cepat, dan selama mengisi daya kita dapat sambil beristirahat,” ucap Irfansyah, yang dikutip Senin (15/4/2024).

Ia mengaku terbantu PLN yang telah membangun 1.299 unit SPKLU  di 879 lokasi di seluruh Indonesia. Menurutnya, fasilitas PLN ini membantu  kendaraan listrik sebagai bagian dari kendaraan dalam perjalanan mudik.

“Dari Bintaro ke Bengkulu, SPKLU yang disediakan oleh PLN sudah banyak, tidak perlu takut kehabisan daya tengah jalan,” kata Irfan.

Baca Juga: Pemudik Mobil Listrik Merasa Nyaman

PLN Bangun Ekosistem 
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu Adhi menjelaskan PLN telah berupaya membangun ekosistem kendaraan listrik.

“Jumlah SPKLU akan bertambah. Roadmap pembangunannya, di Bengkulu dan Jambi juga akan ditambah lagi,” ungkap Adhi.

Baca Juga: H-7 Lebaran 2024: Pemudik di Pelabuhan Tanjung Perak Melonjak Drastis dibandingkan 2023

Manager PLN UP3 Bengkulu, Muhammad Syafdinnur memastikan pembangunan SPKLU di Kabupaten Mukomuko dan Kaur akan semakin memudahkan pengguna kendaraan listrik.

"Para pengguna kendaraan listrik menikmati keindahan pantai pesisir barat trans sumatera jawa di sepanjang perjalanan mudiknya,” pungkas Syafdinur, kemarin. n ec/otf/rmc

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU