Home / Ekonomi dan Bisnis : Tim Cook, Suksesor Steve Jobs, Hamburkan Uang Beli Properti

Apple akan Bangun Akademi Developer di Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Apr 2024 20:51 WIB

Apple akan Bangun Akademi Developer di Surabaya

i

Pertemuan Tim Cook dengan Presiden Joko Widodo ditemani dua Menteri Kominfo dan Menteri Perdagangan di Istana Negara, Rabu (17/6/2024).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ingin tahu kekayaan Tim Cook, suksesor mendiang Steve Jobs? Forbes menunjukkan harta terkini Tim Cook adalah USD 2 miliar, atau di kisaran Rp 32,4 triliun.

Bos raksasa elektronik asal Amerika Serikat itu bertemu langsung dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (17/4/2024). Usai bertemu dengan Jokowi, Apple akan membangun akademi developer di Surabaya.

Baca Juga: Jokowi-Mega, Hanya Relasi Politik

Seperti diketahui, Tim Cook tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 08:55 WIB. Dia tiba dengan mengenakan setelan jas lengkap, pakaian serba biru dan kemeja putih di dalamnya.

"Good morning, how are you guys?" kata Cook kepada awak media ketika tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (17/4/2024).

Pagi itu ia sempat menunjukkan gestur perdamaian atau peace dengan mengacungkan kedua jarinya ke kamera.

Pertemuan Tim Cook dengan Jokowi, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, membahas soal investasi Apple di Indonesia. Budi Arie tak mau menjabarkan investasi seperti apa yang akan dibahas.

 

Kekayaan Tim Cook

Dikutip dari Insider, Rabu (17/4/2024) hartanya itu membuat Tim Cook saat ini adalah manusia terkaya nomor 1.647 di dunia. Salah satu sumber utama kekayaannya adalah kepemilikan 3,3 juta lembar saham Apple, yang setara dengan lebih dari USD 651 juta jika melihat nilai saham Apple sekarang.

Praktis, kini, ia telah memimpin Apple sebagai CEO sejak Agustus 2011 atau 13 tahun silam. Wajar ia kaya raya.

 

Hamburkan Uang Beli Properti

Setiap tahun, Tim Cook mendapat penghasilan yang besar dari Apple, di luar saham itu. Pada tahun 2023 menurut data SEC (Securities and Exchange Commission), dia mendapatkan kompensasi total USD 49 juta dari produsen iPhone itu.

Jumlah itu menurun 40% dari yang didapatnya di tahun 2022, lantaran Tim Cook sendiri yang meminta penghasilannya untuk dipangkas Apple karena ia menganggapnya terlampau besar. Akumulasi penghasilannya di Apple tentu membuatnya semakin kaya.

Tim Cook banyak menghamburkan uang untuk membeli properti.

 

Bangun Akademi Developer di Surabaya

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi yang digelar secara tertutup dari wartawan, Tim Cook langsung menemui puluhan jurnalis ditemani Menkominfo Budi Arie Setiadi dan Menteri Perdagangan Agus Gumiwang Kartasasmita.

Usai pertemuan dengan Tim Cook, Presiden Jokowi lagi-lagi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai koordinator investasi.

Kali ini rencana Apple yang berminat menaruh investasi di Indonesia. Rencananya, Apple akan Bangun Akademi developer di beberapa kota termasuk di Surabaya.

"Bapak presiden sudah menugaskan pak Luhut sebagai koordinator semuanya," ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga: Permendag Tentang Pengaturan Impor akan Direvisi Lagi

Agus kemudian menjelaskan bahwa CEO Apple, Tim Cook, sudah menaruh minat untuk membangun industri manufaktur di Indonesia. Ada dua opsinya, pertama, membangun pabrik sendiri, kedua, menggunakan komponen yang sudah diproduksi di Indonesia namun disesuaikan spesifikasinya.

Ia pun menjelaskan bahwa pemerintah saat ini sedang menjajaki kemungkinan agar Indonesia bisa menjadi salah satu bagian dari rantai pasok produk Apple di pasar lokal dan global.

 

Permintaan Jokowi

"As a global player itu sangat penting bagi kita buat semua fasilitas produksinya bisa diekspor. Itu yang tadi dibicarakan. Jadi jawabannya sangat simple, nilai tambah, nilai tambah harus ada di Indonesia, penyerapan tenaga kerjanya juga harus ada di Indonesia," bebernya.

Di sisi lain, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, menjelaskan bahwa Jokowi juga meminta agar komponen yang berada dalam smartphone Apple diperbanyak.

Sebab, hingga saat ini, Indonesia barus bisa memproduksi dua dari total 360 komponen yang berada dalam iPhone. Sementara negara tetangga, Vietnam, kini sudah bisa menyetor sekitar 72 komponen untuk satu unit iPhone.

Oleh sebab itu, Budi Arie menjelaskan Jokowi meminta kepada Tim Cook agar jumlah komponen asal Indonesia dalam iPhone juga diperbanyak.

 

Komponen Apple Dibuat di Indonesia

"Pak presiden juga sudah minta ke Tim Cook kalau bisa lebih banyak lagi komponen dari Apple ini yg dibuat di Indonesia. Makanya isunya global supply chain, semakin banyak komponen satu produk dari Indonesia semakin bagus buat nilai tambah," ujarnya.

Baca Juga: Ramai-ramai Suarakan Jokowi, Jangan Pensiun

Komitmen Apple membangun empat akademi developer di Indonesia. Sejauh ini sudah ada di Batam, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Bali. Total investasinya adalah sebesar Rp 1,6 triliun.

 

Diskusi 1 Jam dengan Prabowo

Setelah bertemu Jokowi, CEO Apple Tim Cook langsung melakukan lawatan ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rabu siang (17/4). Pertemuan disertai diskusi berlangsung di Kantor Kementerian Pertahanan selama satu jam.

Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi.

"Pertemuan Tim Cook dan Pak Prabowo sekitar satu jam sejak pukul 13.00 WIB," kata Budi Arie dalam keterangannya, Rabu (17/4/2024).

Dia menjelaskan bahwa pertemuan berlangsung penuh keakraban dan persahabatan. Tim Cook hadir bersama Vice President for Environment, Policy and Social Initiatives Apple Lisa Jackson, Head of Global Government Affairs Nick Amma, Head of Government Affair APAC Elizabeth Hernandez, serta Government Affairs for SEA Mirza Natadisastra.

Menurut Budi Arie, Tim Cook menyampaikan rencana investasi dan Apple Developer Academy di Indonesia kepada Prabowo.

"Indonesia negara yang menarik dan potensial bagi Apple," ujar Budi Arie menirukan ucapan Tim Cook.

Prabowo, yang juga merupakan Presiden terpilih hasil Pemilu 2024 menyambut baik diskusi tersebut, dia juga menerima niat baik Apple untuk berinvestasi di Indonesia. Prabowo berharap investasi Apple bisa terlaksana dengan baik di Indonesia serta tepat waktu. n erk/jk/cr3/op/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU