Cegah Timbulnya Karatan, Wajib Cuci Mobil Usai Lewati Wilayah Pesisir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 18 Apr 2024 10:20 WIB

Cegah Timbulnya Karatan, Wajib Cuci Mobil Usai Lewati Wilayah Pesisir

i

Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmi. Daafa/ Kompas.com

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pasca-mudik Lebaran, mayoritas pemudik akan langsung mengecek kembali mesin dan melakukan perawatan kembali pada mobil pribadinya. Satu hal yang harus diperhatikan, langkah perawatan mobil ternyata bisa berbeda tergantung wilayah pulang kampung saat mudik, seperti misalnya lokasi pesisir dan dekat dengan laut. 

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menghimbau bagi para pemudik yang menghabiskan waktu liburan atau bertamasya di area pesisir sangat dianjurkan untuk melakukan deep cleaning, alias cuci mobil menyeluruh di semua bagian.

Baca Juga: Avanza-Xpander Masih Rajai Pasaran, LMPV Justru Anjlok 37,6 Persen

Langkah ini bertujuan untuk mencegah timbulnya keropos akibat karat, yang bisa dipicu oleh garam dan angin laut. 

“Garam itu korosif dan dia bisa menempel di komponen-komponen berbahan logam. Efeknya enggak langsung karatan, tapi lama kelamaan karat bisa timbul kalau (mobil) enggak dibersihkan,” ucapnya, Kamis (18/04/2024).

Meski risiko terjadinya karat memang tergolong minim, tapi tidak ada salahnya melakukan perawatan berupa cuci menyeluruh untuk mencegah munculnya kendala. Hal itu lantaran, komponen seperti baut-baut mobil rentan terhadap karat dan aus, yang dapat menyebabkan masalah servis di kemudian hari.

Baca Juga: DFSK dan Seres Untung Cuan, Tembus Ratusan Unit Terjual

“Yang sering karatan itu biasanya komponen baut-baut mobil, jadinya aus. Ini bikin repot kalau harus servis” ucap dia. 

Perawatan tersebut bisa dilakukan dengan cara deep cleaning atau cuci menyeluruh adalah solusi untuk mencegah timbulnya masalah tersebut. Pastikan mobil dicuci dengan seksama di semua bagian, termasuk bagian bawah dan roda. Jika memungkinkan, gunakan produk anti karat sebagai langkah tambahan.

Baca Juga: Hadapi Dominasi China, Jepang dan ASEAN Duet Produksi Mobil Listrik

Namun, Hindari penggunaan peralatan mencuci berbahan kasar agar tidak menimbulkan goresan pada body mobil. Pemilik dapat memanfaatkan kuas untuk membersihkan bagian yang permukaannya sempit atau memiliki banyak lekukan.

Langkah akhir, Lakukan pengeringan secara sempurna terutama pada bagian yang rentan muncul water spot seperti kaca depan, kaca jendela dan lampu. Kain microfiber yang lembut cocok untuk permukaan mobil dan kaca. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU