Festival Balon Udara 2024 Wonosobo Sedot Ribuan Wisatawan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Apr 2024 19:48 WIB

Festival Balon Udara 2024 Wonosobo Sedot Ribuan Wisatawan

SURABAYAPAGI.COM, Wonosobo - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menyebutkan Festival Balon Udara 2024 menyedot ribuan wisatawan untuk menyaksikan balon tradisional yang mengudara dengan ditambatkan tersebut.

Kepala Disparbud Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo menyampaikan Festival Balon Udara digelar di beberapa titik sejak 11 April 2024.

"Sebagai puncak Festival Balon Udara pada Lebaran 2024 ini dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Wonosobo dengan 53 peserta," katanya.

Menurut dia, para wisatawan tidak saja datang dari Wonosobo, tetapi datang dari berbagai daerah dari luar Wonosobo, bahkan ada juga wisatawan mancanegara.

Ia menyebutkan dari 11 April 2024 hingga kemarin (20/4) wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo mencapai 189.550 orang.

"Saya belum memastikan untuk hari ini berapa puluh ribu pengunjung, estimasi saya kalau 25 ribu orang lebih," katanya.

Ia menyampaikan rata-rata balon udara itu jam pagi, kira-kira sampai jam 09.00 WIB sudah habis, setelah itu mereka pindah tempat ke kawasan Dieng dan beberapa titik destinasi.

"Kegiatan ini menguntungkan, jadi ada efek ganda ke destinasi wisata juga," katanya.

Ia menuturkan bahkan kegiatan ini menarik bagi wisatawan mancanegara kalau hari ini pihaknya ketemu dengan wisatawan dari Malaysia, kemarin juga dari Prancis yang memang sengaja ingin melihat festival balon udara ini.

"Termasuk ada satu media dari China itu juga ikut memberitakan, kami berharap ke depan agar kegiatan ini terus meningkat menjadi kegiatan internasional," katanya. Wn-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU