Penggunaan SPKLU Naik 5 Kali Lipat, PLN Sukses Layani Arus Mudik Lebaran

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Minggu, 21 Apr 2024 20:43 WIB

Penggunaan SPKLU Naik 5 Kali Lipat, PLN Sukses Layani Arus Mudik Lebaran

i

Dirut PLN, Darmawan Prasodjo (kiri) didampingi General Manager PLN UID Jatim, Agus Kuswardoyo (kanan) melakukan peninjauan SPKLU pada Rest Area km 626B Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada saat libur Idul Fitri 1445 Hijriah. Foto/Humas PLN

SurabayaPagi, Jakarta – PT PLN (Persero) sukses mendukung kelancaran arus mudik libur hari raya Idul Fitri 1445. Sebanyak 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 879 lokasi mampu memenuhi kebutuhan pengisian daya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penyediaan SPKLU memang menjadi salah satu fokus utama yang diperhatikan perseroan dalam libur Idul Fitri tahun ini. Terlebih, animo penggunaan kendaraan listrik yang semakin meningkat. 

Baca Juga: Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Dirut PLN Pastikan Seluruh Sistem Kelistrikan di Bali Andal

"Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik. Kita ingin masyarakat merasakan pengalaman mudik yang aman dan nyaman menggunakan kendaraan listrik," kata Darmawan. 

Tingginya animo masyarakat yang mudik dengan kendaraan listrik tercermin dari meningkatnya jumlah transaksi dan konsumsi listrik SPKLU. Tercatat, hingga H+7 Idul Fitri tahun 2024, jumlah transaksi di SPKLU mencapai 11.377 transaksi atau meningkat 5 kali lipat dibandingkan tahun 2023 yang sebanyak 2.275 transaksi. 

Sejalan dengan peningkatan transaksi di SPKLU, jumlah konsumsi listrik juga ikut meningkat. Realisasi konsumsi listrik di SPKLU hingga H+7 Idul Fitri 2024 mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan tahun 2023 sebesar 43,5 MWh.

“Selama masa mudik Idul Fitri, kami juga menyiagakan lebih dari 3.500 petugas di setiap SPKLU yang membantu pengguna mobil listrik saat melakukan pengisian daya, sehingga pengguna mobil listrik bisa semakin nyaman,” ucap Darmawan.

Baca Juga: KTT WWF ke-10 di Bali, PLN UIT JBM Siagakan Petugas 24 Jam Kawal Sistem Transmisi Andal

Komitmen ini juga sejalan dengan upaya mendukung transisi energi dari kendaraan berbasis Bahan Bakar fosil ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan. 

Untuk menambah kenyamanan pengguna kendaraan listrik saat libur Idul Fitri lalu, PLN telah menambah beberapa fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

“Kami hadirkan fitur Trip Planner di PLN Mobile. Saudara-saudara kita jadi bisa membuat rencana perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan listrik, sehingga mereka tidak khawatir dalam menentukan dan mencari lokasi SPKLU,” jelas Darmawan.

Baca Juga: Gelar Apel Siaga Kelistrikan, PLN Pastikan Keandalan Pelayanan KTT WWF 2024 di Bali

Dirinya juga memprediksi, ke depan pengguna kendaraan listrik akan terus meningkat. Untuk itu PLN akan terus memastikan SPKLU yang ada bisa beroperasi dengan optimal, sehingga pengguna kendaraan listrik tetap nyaman dalam melakukan perjalanan jauh.

“Tahun ini menjadi pengalaman manis bagi pengguna kendaran listrik. Kami yakin dengan pengalaman tahun ini, tahun depan akan semakin banyak pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Dan kami pastikan, PLN siap memberikan layanan terbaik,” pungkas Darmawan. Byb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU