Dinyatakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Sudah Bukan Kader PDIP Lagi, Jokowi tak Kaget

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Apr 2024 21:34 WIB

Dinyatakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Sudah Bukan Kader PDIP Lagi, Jokowi tak Kaget

i

Presiden Jokowi tersenyum saat ditanya telah disebut bukan kader PDIP. Hal ini diekspresikan Jokowi saat menghadiri Rakerkesnas 2024 di ICE SCBD, Tangerang, Rabu (24/4/2024).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Jokowi, tak kaget, disebut dirinya bukan lagi kader PDIP. Usai menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu tadi (24/4/2024), Jokowi sempat ditanya tanggapan dirinya disebut bukan lagi kader PDIP.

"Ya, terima kasih," kata Jokowi singkat.

Baca Juga: Instruksi Megawati di Rakernas, PDIP Jatim Perkuat Konsolidasi Internal dan Turun ke Akar Rumput

Tampak Jokowi tersenyum . Setelah itu, Jokowi langsung meninggalkan lokasi wawancara.

Soal Jokowi bukan lagi kader PDIP itu diungkap Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komarudin Watubun. Awalnya, Komarudin Watubun ditanya apakah PDIP menutup peluang berkoalisi dengan Prabowo-Gibran dan bagaimana status Gibran di partai berlambang banteng tersebut.

"Siapa? Gibran itu bukan kader partai lagi. Saya sudah bilang sejak diambil keputusan itu, diulang-ulang itu gimana," tegas Komarudin di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, dua hari lalu (22/4/2024).

 

Jokowi Sudah Disebelah Sana

Komarudin juga merespons pertanyaan tentang status ayah Gibran yang juga Presiden Joko Widodo (Jokowi) di PDIP. Komarudin menyinggung Jokowi 'sudah di sebelah sana'.

"Orang sudah di sebelah sana bagaimana mau bilang bagian masih dari PDI Perjuangan," ujarnya.

"Ah, orang (Jokowi) sudah di sebelah sana (kubu 02), bagaimana mau dibilang bagian masih dari PDI Perjuangan? yang benar saja," tegas Komarudin.

Bukan hanya Jokowi, Komar juga menegaskan Gibran Rakabuming Raka sudah bukan kader PDIP.

Komar menjelaskan, jika Gibran tak berstatus sebagai anggota PDIP sejak dirinya memutuskan menjadi cawapres dari Prabowo Subianto.

 

Baca Juga: Megawati Minta Kader PDIP Turun ke Bawah dan Layani Rakyat

Gibran Tanggapi Santai

Putra sulung presiden menanggapi pernyataan Komarudin, dengan santai. "Ya udah, nggak apa-apa," kata Gibran saat ditemui, Selasa (23/4/2024).

Ketika disinggung apakah akan ada partai baru untuk kendaraan politiknya, Gibran enggan membocorkannya.

"Belum ada pembahasan kesitu, tunggu aja nanti," ujarnya.

Gibran menegaskan tidak mempermasalahkan jika sudah tidak dianggap sebagai kader PDIP lagi.

Bapak dua anak itu juga tidak masalah dipecat dari partai berlambang kepala banteng moncong putih.

 

Baca Juga: Mesin Politik PDIP Lambat Jika tak Berkoalisi

Gibran akan Temui Ma'ruf

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Silfester Matutina, menyebut Gibran akan bertemu dengan warga Muara Baru, Jakarta Utara, lebih dulu.

"Ketemu warga dulu di Muara Baru, setelah itu rencananya mau ketemu Pak Ma'ruf Amin," kata Silfester kepada wartawan, Rabu (24/4/2024).

Silfester memandang silaturahmi itu penting. Menurutnya, Gibran juga akan mendapat wejangan dari Ma'ruf Amin sebagai pendahulunya.

"Ya namanya beliau mau minta restu, silaturahmi juga, Lebaran kan. Jadi suatu hal yang positif wapres dan wapres berikutnya. Ya mungkin ada arahan dari Pak KH Ma'ruf Amin saya kira penting untuk Mas Gibran," ujar dia.

Diketahui, KPU telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden-wapres terpilih. n erc/jk/cr4/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU