Perlu Diperhatian! Detonasi Mesin Picu Knalpot Motor Matik Berkepul Asap Hitam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Apr 2024 09:50 WIB

Perlu Diperhatian! Detonasi Mesin Picu Knalpot Motor Matik Berkepul Asap Hitam

i

Ilustrasi. Salah satu motor matik yang knalpotnya mengeluarkan kepulan asap berwarna hitam. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Bagi pengguna motor matik perlu memperhatikan performa kendaraan. Salah satu untuk mengetahuinya bisa dicek melalui kepulan asap yang keluar dari knalpot motor. Apabila ada kepulan asap hingga berwarna hitam, maka patut curiga akan adanya beberapa kendala di combustion chamber atau ruang bakar. 

Yusai, Pemilik Bengkel Spesialis New Cahaya Motor Racing, menjelaskan, asap berwarna hitam muncul jika motor mengalami detonasi pada mesin, terjadi jika pengguna keliru memakai BBM. 

Baca Juga: Avanza-Xpander Masih Rajai Pasaran, LMPV Justru Anjlok 37,6 Persen

“Kalau asap warnanya hitam, itu pembakarannya enggak bagus, enggak optimal. Biasanya salah pakai (jenis) BBM,” kata Yusai, Minggu (28/04/2024).

Lebih lanjut, penyebab kepulan asap hitam bisa saja terjadi jika konsumen keliru menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang tidak ideal. Misalnya motor matik yang seharusnya menggunakan BBM oktan 92 diisi dengan BBM oktan 98. 

Baca Juga: DFSK dan Seres Untung Cuan, Tembus Ratusan Unit Terjual

Namun, masalah ini tidak terlalu serius dan terbilang mudah ditangani. Hanya perlu membersihkan mesin dan menyesuaikan nilai oktan. Jika proses servis sudah dilakukan, asap hitam pasti tidak ngebul lagi dari knalpot, tanda pembakaran sudah kembali normal. Pengguna juga tidak perlu lagi mengkhawatirkan kendala berkepanjangan.

“Kalau motor matik ya main (pakai BBM dengan oktan) 92 saja, jangan tinggi-tinggi,” kata Yusai. 

Baca Juga: Hadapi Dominasi China, Jepang dan ASEAN Duet Produksi Mobil Listrik

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi masalah dan penyebab knalpot keluar asap hitam, selalu lakukan servis rutin untuk mengecek kondisi komponen mesin mobil, sehingga sumber masalah dan penyebab knalpot keluar asap hitam dapat diatasi dengan lebih mudah. jk-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU