Segera Angkat Kaki, Ratusan Warga Terdampak Akses Tol Ki Agung Bandara Dhoho

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 28 Apr 2024 13:28 WIB

Segera Angkat Kaki, Ratusan Warga Terdampak Akses Tol Ki Agung Bandara Dhoho

i

Warga Jl Kawi, Kelurahan Mojoroto mengosongkan bangunan rumahnya yang terdampak Tol Kediri-Tulungagung akses. SP/ KDR

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Tahap pembangunan Tol Kediri-Tulungagung (Ki Agung) akses Bandara Dhoho di Kabupaten Kediri menimbulkan pro kontra. Pasalnya, sebanyak ratusan kepala keluarga (KK) ikut terdampak.

Ketua TPT Tol Ki Agung Linanda Krisni Susanti mengatakan, perintah tersebut sesuai surat dari tim pengadaan tanah (TPT), mereka hanya punya waktu sebulan untuk mengosongkan rumah dan tanahnya untuk ratusan KK warga di Kelurahan Mojoroto.

Baca Juga: Mas Dhito Terjunkan 4 Dinas Bantu Anak Vakum Sekolah Karena Merawat Kedua Orang Tuanya

Diketahui, ada total ada 150 KK warga terdampak di Kelurahan Mojoroto yang disurati oleh TPT Tol Ki Agung. Dengan dikirimkannya surat pengosongan ke Kelurahan Mojoroto, berarti dalam waktu dekat lahan di sana siap untuk dibangun tol.

“Surat perintah kami kirim ke warga terdampak yang tanahnya sudah dibebaskan,” jelas Linanda Krisni Susanti, Minggu (28/04/2024).

Sebelumnya, TPT juga sudah mengirim surat perintah pengosongan pada ratusan pemilik lahan terdampak di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota Kediri. Kemudian ke Desa Manyaran dan Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri.

Lebih lanjut, Nanda memastikan, pihaknya sudah memberi jeda waktu yang cukup pada ratusan KK warga di Kelurahan Mojoroto. Hal tersebut juga dilakukan pada 30 KK warga yang baru saja menerima uang ganti rugi.

Baca Juga: Tekan Kasus DBD, Dinkes Kediri Turunkan Pokjanal

“Karena sudah ada jeda waktu yang cukup dari sejak pembayaran sampai dengan surat ini kami terbitkan untuk warga mulai pindah,” terang Nanda.

Sementara itu, saat ini dari sejumlah lokasi, pembongkaran mulai banyak dilakukan di sekitar Jl Kawi. Beberapa bangunan seperti toko, kafe, hingga tempat praktek dokter sudah banyak yang dirobohkan pemiliknya. Pun sebagian kecil rumah-rumah warga juga mulai dibongkar.

Seperti diberitakan, pengadaan tanah akses Bandara Dhoho tahap I di Kota dan Kabupaten Kediri baru mencapai separo. Dari total 66 hektare tanah yang dibutuhkan, baru sekitar 33 hektare yang dibebaskan.

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Rampung 100%, Siap Beroperasi Jelang Mudik Lebaran

Dengan tuntasnya separo tanah terdampak tol akses bandara itu, diakui TPT jika rekanan penggarap fisik sudah mulai bersiap untuk membangun. Sedangkan untuk indikasinya, tim pengadaan tanah sudah diminta menyiapkan lahan untuk konstruksi. 

“Lahan sudah diminta untuk siap konstruksi,” imbuh Nanda. kdr-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU