Wow, Chery Omoda E5 Rakitan Indonesia Bakal Diekspor ke 3 Negara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Apr 2024 10:06 WIB

Wow, Chery Omoda E5 Rakitan Indonesia Bakal Diekspor ke 3 Negara

i

(dari kiri) President Director of Chery International Zhang Guibing, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Wakil Gubernur Provinsi Anhui Tiongkok Shan Xiangqian, dan Komisaris PT Handal Indonesia Motor Jongkie Sugiarto. SP/ dok.CSI

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pabrikan milik PT Handal Indonesia Motor (HIM), Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat dijadikan tempat peluncuran pertama model Chery Omoda E5 dan selanjutnya selain dijual untuk pasar domestik, mobil listrik akan disiapkan juga memenuhi kebutuhan ekspor ke sejumlah negara.

Tujuan ekspor untuk tahap awal tentunya menyasar kepada negara yang menggunakan setir kanan di kawasan ASEAN. Rifkie Setiawan, Head of Brand Department CSI mengatakan rencana itu akan segera terealisasi dalam waktu dekat. 

Baca Juga: Neta Targetkan Penjualan Mobil Listrik Hingga 10 Ribu Unit

“Waktunya belum di pertengahan tahun ini, karena di negara tujuannya belum diluncurkan, jadi kira-kira akan terealisasi pada semester kedua tahun ini,” ujar Rifkie di Wuhu, Senin (29/04/2024).

Lebih lanjut, mobil listrik itu nantinya akan diekspor ke tiga negara, yaitu Filipina, Vietnam, dan Thailand. Menyoal kuota juga belum bisa diinformasikan mengingat tergantung dari permintaan masing-masing negara tujuan.

“Persiapan untuk launchingnya seperti apa, berapa pasar yang mau diserap, berapa yang mau disorder, jadi masih menunggu order dari negara tujuan ekspor,” tutur Rifkie. 

Baca Juga: Siapkan Subsidi Motor Listrik, Pemerintah Guyur Rp 7,27 Triliun

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan Omoda E5 di dunia. Khusus pasar China saja baru diluncurkan beberapa hari lalu di ajang Beijing Auto Show 2024. 

“Iya karena memang kebetulan kita (PT CSI) lagi punya satu produk yang hype. Satu produk yang memang di satu sisi punya banyak opportunity,” kata Rifkie.

Baca Juga: Santer Isu Mobil FWD Tak Kuat Menanjak, Kuncinya Jaga Momentum

Selain itu, Qu Jizong, Executive Vice President, PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengungkap, bahwa selain Omoda E5, pihaknya juga akan melakukan ekspor untuk Tiggo 5X.

"Seluruh kendaraan kita nantinya akan ekspor termasuk Omoda E5 juga Tiggo 5X. Tujuannya adalah negara yang menggunakan setir kanan,” bebernya. jk-03/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU