Mengejutkan, Halal-Bihalal PAN Jatim Dihadiri Ketua PDIP Jatim

author Riko Abdiono

- Pewarta

Selasa, 30 Apr 2024 20:10 WIB

Mengejutkan, Halal-Bihalal PAN Jatim Dihadiri Ketua PDIP Jatim

i

Dari kanan, Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan, Khofifah Indar Parawansa, Sekjen PAN Edy Suparno dan Said Abdullah hadir di tengah-tengah Kader PAN dan para calon Kepala Daerah yang bakal diusung bersama. (Foto: SP/riko)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Situasi pasca penetapan hasil pemilu Pilpres 2024 semakin menarik. Satu persatu puzzle politik yang sebelumnya berbeda sikap, sekarang mulai saling menjalin komunikasi untuk kepentingan yang lebih baik lagi.

Suasana semacam itu juga terjadi di Jawa Timur. Secara mengejutkan, Ketua DPD PDI-P Jawa Timur MH Said Abdullah tiba-tiba tampak hadir di tengah-tengah keluarga besar dan Kader Partai Amanat Nasional. Ketua Banggar DPR RI ini hadir dalam acara yang dihadiri langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan KH Asep Saifudin Chalim itu.

Baca Juga: PKS Jatim Gelar Rakor Pemenangan, Sebut Positif ‘Pecah Telor’ di Pilkada 2024

“Khusus saya sampaikan, supaya tidak fitnah, telah hadir di tengah-tengah kita Buya Said Abdullah Ketua DPD PDI-P Jatim,” ucap Ahmad Rizki Sadig, Ketua DPW PAN Jatim membuka acara Halal Bihalal dan Rakorwil Menuju Pilkada 2024, di Vasa Hotel, Surabaya, Selasa (30/4/2024). 

Buru-buru Rizki Sadig menjelaskan dibalik hadirnya Said Abdullah di acara tersebut. Supaya tidak dituduh pilih-pilih dalam mengundang ketua Partai Politik. Karena tidak ada ketua parpol lain yang terlihat, kecuali dari PDI-P. 

“Ini bukan berarti tidak mengundang Ketua partai politik yang lain. Tapi beliau (Said Abdullah) Hadir disini karena membawa kader-kader PDI-P yang akan maju di pilkada,” paparnya.

Dengan kehadiran tersebut, dipastikan PDI-P akan menjalin sejumlah kerjasama dengan PAN dalam pilkada serentak yang digelar November 2024 nanti. Sehingga terjadi hubungan saling melengkapi antara PAN dengan PDI-P. Begitu juga sebaliknya.

“Silakan kader PAN yang mau maju pilkada tapi dukungan parpolnya kurang bisa berkomunikasi dengan PDI-P,” sebut Rizki Sadig disambut tepuk riuh seluruh kader PAN yang hadir.

Baca Juga: KPU Lantik 90 PPK Untuk Pilkada 2024

Seperti diketahui, dalam pillpres lalu, PAN dan PDI-P memiliki dukungan calon presiden yang berbeda. Posisi PAN berada diatas angin karena menjadi salah satu pendukung pasangan PRabowo-Gibran yang kemudian menang.

Sehingga dalam Rakorwil Pilkada yang digelar PAN ini cukup menjadi atensi penting bagi para calon Kepala daerah yang mau berlaga di Pilkada serentak. Diantaranya yang tampak hadir antara lain : Khofifah Indar Parawansa Calon Gubernur Jatim, Eri Cahyadi calon Walikota Surabaya, Muhammad Bin Muafi Zaini (Gus Mamak) Calon Bupati Sampang, Sugiri Sancoko Calon Bupati Ponorogo, Muhammad Al Barra (Gus Barra) Calon Bupati Mojokerto, Ikfina Calon Bupati Mojokerto, Fandi Ahmad Yani Calon Bupati Gresik, Ahmad Fauzi Calon Bupati Sumenep, Hanindhito Himawan Pramana Calon Bupati Kediri, Hj Ana Muawanah Calon Bupati Bojonegoro, Khusnul Yaqin Calon Bupati Lamongan dan Muhammad Arifin Calon Bupati Trenggalek.

“Khusus Gus Mamak, saya sudah telpon sama Pak Sarmuji (Ketua Golkar Jatim), karena Gus Mamak ini kader Golkar dan akan diusung PAN dan PDI-P di pilkada nanti,” sebutnya.  

Lebih Lanjut Rizki Sadig menyampaikan, untuk persiapan koalisi Pilkada, PAN sudah melakukan komunikasi formal dan non formal. “Dan ini ada tim pilkada pusat seperti Mas Viva Yoga dan Yandri Susanto, untuk Pilkada Keputusan kami tegak lurus DPP,” tegas Anggota DPR RI ini.

Baca Juga: Jokowi Heran Soal Pilkada Ditanyakan Padanya

Hanya saja, Rizki menghimbau, bagi para kandidat calon Kepala Daerah, Gubernur, Bupati dan Walikota tidak semata-mata langsung by pass ke DPP PAN. Ibaratnya, masuk rumah itu lewat pagar atau parkir transit ke DPD dan DPW PAN dulu. “Setelah itu komunikasi dengan DPP untuk mengambil surat keputusan,” pungkas RIszki Sadiq. rko/rmc

 

Calon Kepala Daerah Merapat ke PAN

  1. Khofifah Indar Parawansa (Calon Gubernur Jatim)
  2. Eri Cahyadi (Calon Wali Kota Surabaya)
  3. Muhammad Bin Muafi Zaini (Calon Bupati Sampang)
  4. Sugiri Sancoko (Calon Bupati Ponorogo)
  5. Muhammad Al Barra (Calon Bupati Mojokerto)
  6. Ikfina Fahmawati (Calon Bupati Mojokerto)
  7. Fandi Ahmad Yani (Calon Bupati Gresik)
  8. Ahmad Fauzi (Calon Bupati Sumenep)
  9. Hanindhito Himawan Pramana (Calon Bupati Kediri)
  10. Ana Muawanah (Calon Bupati Bojonegoro)
  11. Khusnul Yaqin (Calon Bupati Lamongan)
  12. Muhammad Arifin (Calon Bupati Trenggalek)

Editor : Raditya Mohammer Khadaffi

BERITA TERBARU