Resmi Pamit Bulan Mei, Peugeot Setop Penjualan Mobil di Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 03 Mei 2024 10:41 WIB

Resmi Pamit Bulan Mei, Peugeot Setop Penjualan Mobil di Indonesia

i

Salah satu model mobil Astra Peugeot. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Astra Peugeot di Indonesia, resmi mengumumkan penghentian penjualan mobilnya di Tanah Air. Keputusan ini diambil berdasarkan strategi global Stellantis, prinsipal Peugeot, untuk fokus pada pertumbuhan bisnis di kawasan Asia Tenggara. 

Penghentian penjualan Peugeot di Indonesia mulai berlaku efektif tanggal 2 Mei 2024. Astra akan terus memberikan informasi terbaru terkait layanan aftersales Peugeot di Indonesia melalui website resmi dan media sosial Peugeot Indonesia. 

Baca Juga: Avanza-Xpander Masih Rajai Pasaran, LMPV Justru Anjlok 37,6 Persen

"Berdasarkan informasi dari Stellantis, prinsipal dari Peugeot, Stellantis telah mengambil keputusan strategis untuk menghentikan penjualan Peugeot di Indonesia. Ini terkait dengan strategi pertumbuhan bisnis Stellantis di kawasan ASEAN," ujar Chief Executive PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation, Rokky Irvayandi, Jumat (03/05/2024).

Padahal dalam lima tahun belakangan, kinerja penjualan salah satu anak usaha PT Astra International ini sedang dalam pertumbuhan positif, meski cenderung stagnan. Peugeot sendiri merupakan salah satu merek mobil paling tua di dunia dan tetap bertahan saat ini. 

"Ini terkait dengan strategi bisnis Stellantis selaku prinsipal Peugeot di ASEAN dan Astra menghargai keputusan tersebut," ujar Chief Executive of Astra Peugeot, Rokky Irvayandi.

Diketahui, mobil pertamanya diluncurkan pada tahun 1889 dengan nama Peugeot. Berasal dari Perancis, Peugeot sudah memasuki usia 52 tahun berlaga di pasar Indonesia, dalam naungan Astra Group. 

Baca Juga: DFSK dan Seres Untung Cuan, Tembus Ratusan Unit Terjual

Kala itu, anak usaha yang menaungi mereka ialah Multi France Motor. Produk pertama yang menjadi batu loncatan Peugeot ialah model 505 GR, sedan bermesin 2.000 cc pengganti Peugeot 504 pada 1981. 

Perjuangan Peugeot 505 GR cukup gemilang kala itu sampai pada akhirnya dibuat versi facelift dengan lampu belakang dan dasbor baru khas Amerika pada 1986. Lalu menyusul 505 GTi dengan mesin 2.200 cc. Namun memasuki tahun 1990-an, gaung Peugeot cenderung meredam walaupun punya beberapa model legendaris seperti Peugeot 306, 405, dan 406 yang hadir di 1995. 

Pada tahun 2006, bisnis Peugeot di Indonesia kembali berubah dan berganti nama menjadi Astra Peugeot Sales Operation. Perubahan bendera tersebut sekaligus membuatnya berada langsung di bawah naungan PT Astra International Tbk.

Baca Juga: Hadapi Dominasi China, Jepang dan ASEAN Duet Produksi Mobil Listrik

Dalam kurun waktu 10 tahun, terdapat beberapa produk baru yang dikenalkan Peugeot untuk pasar Indonesia dengan model-model terkini seperti 5008, 3008 FL, dan 2008.  Sedangkan, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), melalui lini produk tersebut Astra Peugeot akhirnya kembali mencetak rekor penjualan pada 2022 sebanyak 451 unit. 

Namun memasuki tahun 2023, mendadak penjualan Peugeot melambat hingga ke level 199 unit. Tren negatif ini terus berlanjut pada kuartal I/2024, dimana hanya ada 28 unit mobil yang didistribusikan ke konsumen, turun 67,6 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU