Kang Giri Hadiri Panen Raya di Desa Pondok

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 07 Mei 2024 19:35 WIB

Kang Giri Hadiri Panen Raya di Desa Pondok

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo - Petani di Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo lagi senang. Bagaimana tidak, mereka menggelar panen raya, Selasa (7/5/2024).

Petani tidak sendiri, dalam Ponorogo ada Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko. Pun Komandan Korem (Danrem) 081 Dhirotsaha Jaya Madiun Kolonel Inf. Sugiyono.

Baca Juga: Gelaran Grebeg Suro Bakal Telan Rp 5,6 Miliar, Pacu Perputaran Ekonomi

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan), Supriyanto melaporkan bahwa, lahan sawah di Desa Pondok yang luasnya 60 hektar dulunya adalah lahan kering yang ditanami tebu.

Kini berubah menjadi lahan sawah yang bisa 3 sampai 4 kali panen padi dalam setahun. Padahal dulunya menggantungkan hidup pada tanaman tebu.

“Secara total di lahan sini (lahan pertanian Desa Pondok) ada 60 hektar. Rata-rata panen 7 ton per hektar. Jadi 420 ton gabah kering panen,” ungkap Suprianto, Selasa (7/4/2023).

Lahan di Desa Pondok itu berhasil beralih fungsi  karena berbagai hal. “Setelah adanya listrik masuk sawah, sumur dalam, bisa menjadi padi 3-4 kali,” tegas Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko.

Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko menjelaskan bahwa untuk April, total ada 11 ribu hektar lahan yang panen. Atau sekitar 77 ribu ton gabah kering panen. Sedangkan Mei ada 2000 hektar lahan yang panen.

Baca Juga: Perangkat Desa Turut jadi Tersangka

“Di Ponorogo terdapat potensi 12 ribu hektar lahan sawah yang bisa panen sampai 4 kali,” paparnya.

12 ribu hektar lahan itu terbagi di Kecamatan Babadan, Sukorejo, Kauman, Badegan, Sampung, Jambon, Jenangan dan Ponorogo Kota.

“Kami Ponorogo disini di Desa Pondok. Bisa 4 kali panen. Kedepan kami dorong sawah tadah hujan selesai dengan sumur dalam,” paparnya.

Atekan Kepala BSIP yang mewakili Dirjen Tanaman pangan Dr Suwandi mengapresiasi kegiata  Ponorogo ini, bahwa Ponorogo termasuk lumbung pangan di Jawa Timur.

Baca Juga: Nabung Sehari Paling Banyak Rp15 Ribu, Mbah Tono, Pemulung Asal Ponorogo Akhirnya Bisa Naik Haji

“Sehingga percepatan tanam dan Perluasan Areal Tanam yang sudah berjalan baik kiranya terus ditingkatkan,” paparnya.

Danrem 081 Dhirotsaha Jaya Madiun Kolonel Inf. Sugiyono menyebutkan mendukung semua pertanian. Dia juga memerintahkan babinsa seluruh wilayah turun ke sawah.

“Mei, Juni, Juli turun ke sawah. Jika ada kekurangan mereka (babinsa) yang bertanggung jawab,” pungkasnya. Pn-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU