Permintaan Motor Listrik Tinggi, Yadea Bangun Pabrik Perakitan di Karawang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Mei 2024 11:26 WIB

Permintaan Motor Listrik Tinggi, Yadea Bangun Pabrik Perakitan di Karawang

i

Ilustrasi. Pekerja tengah merakit kendaraan listrik roda dua di PT Yadea Teknologi Indonesia. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pembangunan pabrik baru PT Yadea Teknologi Indonesia di Karawang, Jawa Barat akan diagendakan beroperasi pada 2026 dan akan menjadi pabrik terbesar di Asia Tenggara 

Bahkan, seremoni peletakan batu pertama fasilitas perakitan pertama jenama asal China ini di Indonesia sudah dilakukan. Pembangunan pabrik tersebut, tidak hanya menunjukkan posisi terdepan di bidang kendaraan roda dua listrik, tapi juga menyuntikkan vitalitas baru ke dalam perkembangan industri Indonesia.

Baca Juga: Meski Nilai Tukar Rupiah Melemah, BMW Masih Optimis Tahan Harga

"Jadi tahun ini kami akan mencapai 40 persen kandungan lokal (Tingkat Komponen Dalam Negeri/TKDN) dan kami harapkan di tahun 2027 ini bisa mencapai di atas 90 persen, itu target kami,” ujar General Manager Perusahaan Manufaktur Yadea Indonesia, Wang Jinlong, Rabu (15/05/2024).

Lebih lanjut, menurut Wang Jinlong, pendirian pabrik ini akan menciptakan lebih banyak kesempatan kerja secara lokal, mendorong pengembangan rantai industri terkait, dan mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan transportasi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Rilis Produk Baru, Alva Motor Listrik Tanah Air Dibanderol Rp 20 Jutaan

"Kami berharap Yadea dapat terus memanfaatkan keunggulan teknologinya untuk menyediakan produk kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi ke pasar Indonesia. Pada saat yang sama, kami juga berharap lebih banyak perusahaan akan mengikuti jejak Yadea dan secara aktif berkontribusi pada upaya pembangunan industri dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia," kata dia.

Sementara itu, hingga kini, total investasi dalam kegiatan pembangunan pabrik ini diperkirakan sebesar US$ 150 juta. Nantinya, pabrik baru Yadea di Indonesia ini tidak hanya akan melayani pasar domestik tetapi juga mengekspor produk ke negara-negara tetangga.

Baca Juga: Mitsubishi Luncurkan 2 Varian Baru Pajero dan Xpander, Terbatas Hanya 800 Unit

Sebab pabrik ini bertujuan untuk menyediakan solusi kendaraan listrik (EV) kelas dunia untuk masyarakat Indonesia, memanfaatkan teknologi inovatif yang memenuhi dan melampaui standar keamanan dan kualitas. jk-03/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU