Komoditas Unggulan Vanili: Perawatan Mudah, Harga Jual Tinggi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Mei 2024 14:52 WIB

Komoditas Unggulan Vanili: Perawatan Mudah, Harga Jual Tinggi

i

Edwijono 959), warga Dusun Tukum, Desa/Kecamatan Wonosalam, Jombang, salah satu pembudidaya komoditas tanaman vanili. SP/ JBG

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Komoditas perkebunan unggulan, seperti tanaman vanili banyak dibudidayakan petani Wonosalam Jombang. Salah satu alasan petani di Kecamatan Wonosalam banyak yang tertarik membudidayakan tanaman vanili adalah harga jual tinggi.

Salah satunya ditekuni Edwijono (59), warga Dusun Tukum, Desa/Kecamatan Wonosalam, Jombang. Ia mulai membudidayakan tanaman vanili sejak Juli 2022 lalu.

Baca Juga: Upacara Hardiknas di Jombang, Belasan Peserta Bertumbangan: Kelamaan ‘Dijemur’

Dijelaskan, jika dirawat dengan baik, satu pohon vanili bisa menghasilkan bunga mulai 1-2 kg. Namun, setiap pohon akan menghasilkan jumlah bunga dan kualitas yang berbeda-beda. Bahkan, kualitas bunga vanili juga mempengaruhi harga jual.

”Ya, ada beberapa grade dan harganya berbeda-beda,’’ jelas dia, Kamis (16/05/2024).

Di pasar bebas, lanjutnya, harga jual vanili fluktuatif mulai Rp 90-100 ribu per kg. Namun, selama ini Edwin sudah menjalin kontrak dengan mitra yang akan membeli Rp 250 ribu per kg.

Baca Juga: Panen Raya Berakhir: Petani di Jombang Nangis, Harga Gabah Anjlok

”Tapi dengan syarat harus sesuai grade yang sudah ditentukan oleh mitra,” pungkasnya. 

Kondisi tanah yang subur serta cuaca yang sangat mendukung menjadikan tanaman vanili yang ditanam petani di kawasan lereng Gunung Anjasmoro ini tumbuh maksimal.

Di lahan seluas seluas 50 x 15 M2, ia menanam 1.000 batang tanaman vanili dengan total 500 tajar tanaman. Pasalnya, kelebihan lainnya yakni perawatan vanili cukup mudah. Agar bisa tumbuh maksimal, salah satunya harus rajin membersihkan gulma. Selain itu, pemilik juga harus sering sering melakukan pruning.

Baca Juga: Harga Gula di Pasar Tradisional Jombang Tembus Rp 18.500 per Kg

”Jadi saya tertarik budidaya vanili awalnya ingin memanfaatkan lahan yang kosong. Selain itu permintaan vanili juga tinggi. Kalau perawatan cukup mudah. Asalkan sekitar area tanaman dibersihkan dari gulma sehingga pertumbuhan vanili bisa maksimal,” jelas dia.

Sebagai informasi, anili memiliki banyak manfaat. Diantaranya, kerap digunakan untuk produk kecantikan hingga penyedap masakan. jbg-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU