Tips Basmi Bau Apek di Dalam Lemari

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Mei 2024 19:21 WIB

Tips Basmi Bau Apek di Dalam Lemari

i

Lemari pakaian akan menumpuk aroma kurang sedap. SP/JAKA

SURABAYAPAGI, Jakarta - Lemari pakaian adalah salah satu furnitur yang jarang sekali diperhatikan atau dirawat di dalam rumah kita. Alasannya memang karena jarang ada aktivitas berlebih di dalam lemari pakaian ini selain untuk mengambil atau menyimpan pakaian. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa lemari pakaian juga membutuhkan perawatan khusus.
Seiring berjalannya waktu, lemari pakaian akan menumpuk aroma kurang sedap, masyarakat Indonesia sering menyebut aroma ini dengan sebutan "bau apek".

Bagi kamu yang lemari pakaiannya sudah terlanjur bau apek, berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membasmi bau apek di dalam lemari pakaian kamu.

1. Keluarkan Isi lemari
Cara yang pertama adalah dengan mengeluarkan semua isi di dalam lemari kamu, lalu cek apakah pakaian di dalam lemari tersebut sudah menyerap bau apek lemari atau belum. Bila pakaian tersebut sudah bau, kamu harus segera untuk memisahkannya dan mencucinya kembali.

2. Cek Sumber Bau
Setelah lemari kosong, selanjutnya kamu cek menyeluruh bagian dalam lemari tersebut. Cek bagian-bagian yang berpotensi menjadi sumber bau apek tersebut, seperti area yang berjamur atau lembab. Bila kamu menemukan area yang berjamur, cobalah untuk mencari cara membersihkannya sesuai dengan bahan lemari kamu.

3. Gunakan Penyedot Debu
Setelah bagian yang berjamur dibersihkan, selanjutnya kamu perlu untuk membersihkan semua bagian dalam lemari tersebut dengan penyedot debu. Terutama pada laci dan bagian dari lemari tersebut.

4. Gunakan Cuka Putih
Setelah lemari selesai dibersihkan, selanjutnya kamu bisa menyemprotkan atau membasahi bagian dalam lemari tersebut dengan campuran dari cuka putih dan air hangat. Gunanya adalah untuk menghilangkan sisa bau apek yang masih tersisa di dalam lemari tersebut.

5. Biarkan Terbuka
Setelah selesai menyemprotkan air cuka, selanjutnya kamu harus membiarkan lemari tersebut dalam keadaan terbuka lebar selama beberapa hari. Tujuannya adalah untuk memberikan aliran udara segar dan mengeluarkan semua bau apek yang tersisa.

6. Letakkan Baking Soda di Dalam Lemari
Bila setelah beberapa hari bau apek tersebut masih tersisa, kamu bisa coba untuk meletakkan semangkuk baking soda ke dalam lemari tersebut, lalu tutup dan biarkan semalaman.jk/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU