Cegah Stunting, Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Gencarkan Generasi Sehat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Mei 2024 12:35 WIB

Cegah Stunting, Satgas TMMD ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Gencarkan Generasi Sehat

i

Satgas TMMD turut serta dalam upaya pencegahan stunting bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Sidoarjo, melaksanakan penyuluhan di desa Penambangan, sebagai bagian dari program TMMD ke-120. SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat kesejahteraan masyarakat. 

Kali ini, Satgas TMMD turut serta dalam upaya pencegahan stunting bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Sidoarjo, melaksanakan penyuluhan di desa Penambangan, sebagai bagian dari program TMMD ke-120. 

Baca Juga: Penyelesaian Paving Jalan Program TMMD Bawa Dampak Positif Warga Desa Penambangan

Hadir dalam kegiatan ini dr. Inensa Khoirul Harap (Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Sidoarjo),drg. Supartini Sulaningsih (Ka Puskesmas Balongbendo), Kompol Hasyim Asy'ari (Kapolsek Balongbendo), Helmy Firmansyah (Kades Penambangan), Aiptu Maksum (Bhabinkamtibmas Polsek Balongbendo), Serda Suprapto (Babinsa Koramil 0816/10 Balongbendo), Misbachul Munir Amd, Gz (Ahli Gizi Puskesmas Balongbendo), Revi Pravanda Sintia,  S. Gz (Ahli Gizi RS. Haji Surabaya), Para Staf Puskesmas Balongbendo, Para Ibu dan balita Ds. Penambangan.

Perlu diketahui, stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis pada anak, merupakan tantangan serius yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental. 

Melalui kegiatan penyuluhan ini, Satgas TMMD berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi seimbang dan perawatan kesehatan untuk mencegah stunting.

"Kami sangat peduli dengan kesejahteraan masyarakat di wilayah yang kami layani. Penyuluhan tentang bebas stunting ini adalah salah satu langkah konkret kami dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak serta kesejahteraan keluarga di [lokasi]," ungkap Kapten Inf Hendro Sugiono,SH. Komandan Koramil 0816/10 Balongbendo, Jumat (17/05/2024).

Baca Juga: Warga Desa Penambangan dan Babinsa Bersinergi Tingkatkan Ketahanan Pangan Hasil TMMD

Kegiatan penyuluhan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk ibu-ibu hamil, ibu menyusui, dan para orang tua. Materi yang disampaikan mencakup pemahaman tentang gizi seimbang, pola makan yang baik, perawatan kesehatan prenatal dan postnatal, serta pentingnya pemeriksaan rutin ke fasilitas kesehatan.

Dalam upaya meningkatkan efektivitas penyuluhan, Satgas TMMD juga bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat serta pihak terkait lainnya, guna memberikan informasi yang akurat dan solusi yang tepat terkait pencegahan stunting.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Penambangan, serta menjadi langkah awal dalam upaya bersama memerangi stunting di Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, H. Helmy Firmansyah, selaku Kepala Desa Penambangan, untuk menyampaikan salam hangat dan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah turut serta aktif dalam menjaga kebersamaan dan kerukunan di tengah-tengah kita. 

Baca Juga: Sukses TMMD ke-120 Bikin Margono Warga Desa Penambangan Terharu

“Kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Desa Penambangan. Saya sangat bangga dan berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin antara Satuan Tugas Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo serta seluruh pihak terkait lainnya, dalam menjalankan program pencegahan stunting di lingkungan kita,” ungkap H. Helmy Firmansyah.

Tak bisa dipungkiri bahwa stunting merupakan masalah serius yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penanggulangan stunting harus dilakukan secara bersama-sama dan berkesinambungan. 

Dalam hal ini, Satgas TMMD telah turut serta dengan memperkuat upaya penyuluhan bersama tenaga kesehatan setempat serta pihak terkait lainnya, guna memberikan informasi yang akurat dan solusi yang tepat terkait pencegahan stunting." pungkasnya. hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU