Jake Paul Sesumbar, Mike Tyson Senyumin

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Mei 2024 20:06 WIB

Jake Paul Sesumbar, Mike Tyson Senyumin

Duel Tinju Beda Usia 30 Tahun ini Akan Gunakan Aturan Tinju Khusus

 

Baca Juga: Mike Tyson Kembali ke Ring, Hadapi Petinju 31 Tahun Lebih Muda Darinya

SURABAYAPAGI.COM, Texas - 2 Bulan lagi, kita akan menyaksikan sang legenda Tinju dunia yang dijuluki 'Si Leher Beton', Mike Tyson akan naik ring lagi di usianya ke 57 tahun. Lawan yang dihadapinya petinju yang usia selisihnya 30 tahun lebih muda. Namun, ada yang berbeda menjelang penampilan Mike Tyson menjelang laga 20 Juli mendatang.

Hal ini terlihat saat konferensi pers yang berlangsung di Texas, Kamis (16/5/2024) waktu setempat. Promotor mempertemukan Mike Tyson dengan Jake Paul. Hanya saja, biasanya Mike Tyson yang tampil garang, kini Mike justru mempertontonkan 'keramahan' dan senyum saat face off dengan Jake Paul.

Biasanya, momen face off ini kerap dipertontonkan antar petinju dengan melakukan aksi psywar. Tapi, kebalikannya, Mike Tyson bersikap santai dan tak ambisius seperti saat Tyson muda, yang terlihat begitu ganas. Malah Jake Paul, yang terlihat garang, mempertontonkan ambisi untuk bisa menumbangkan si Leher Beton ini.

Hal ini diungkapkan salah satu pengamat Tinju, Paulie Malignaggi, seperti dikutip dari Boxing Scene, pada Jumat (17/5/2024). "Dia (Tyson) sepertinya kesulitan menganggap Jake (Paul) serius. Padahal dia (Tyson) pernah disana bersama Evander Holyfield, Lenox Lewis, Michael Spinks, Larry Holmes dan terlihat ganas. Tapi apa yang dipikirkan Tyson? Apakah setelah melihat penampakan Jake yang terlihat sebagai seorang YouTuber dan berkata, 'apa saya perlu mengintimidasi anak ini? Apa pun deh," kata Paulie.

 

Gunakan Aturan Khusus

Meski begitu, dalam konferensi pers, dijelaskan akan ada aturan baru dalam duel Mike Tyson vs Jake Paul pada 20 Juli mendatang.

Hal ini diberlakukan untuk memastikan pertandingan berjalan dengan fair, aman dan tetap berlangsung seru.

Salah satu aturan khusus dalam pertarungan ini adalah hasil dari duel ini akan dicatat dalam catatan resmi rekor kedua petarung. Ini berarti kemenangan atau kekalahan dalam duel ini akan memengaruhi statistik resmi mereka sebagai petinju profesional.

Keputusan ini tentu menambah bobot pertarungan karena tidak hanya menjadi ajang pembuktian bagi kedua petarung, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada karier mereka.

 

Diperbolehkan KO

Aturan berikutnya yang tak kalah penting adalah diperbolehkannya knockout (KO). Meskipun perbedaan usia antara Mike Tyson dan Jake Paul cukup jauh, dengan selisih sekitar 30 tahun, kedua petarung diperbolehkan untuk menang KO.

Ini tentu saja menambah ketegangan dan ekspektasi terhadap pertandingan, mengingat reputasi Tyson sebagai petinju dengan pukulan mematikan yang legendaris.

Durasi pertarungan Mike Tyson vs Jake Paul juga mengalami modifikasi dari aturan tinju profesional kelas berat.

 

Waktu Diperpendek

Pertarungan ini hanya akan berlangsung delapan ronde dengan durasi dua menit di setiap babaknya. Ini berbeda dari aturan standar tinju profesional yang biasanya berlangsung selama 12 ronde dengan durasi tiga menit di setiap ronde.

Modifikasi ini mungkin dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi fisik kedua petarung, terutama Tyson yang sudah tidak muda lagi.

Baca Juga: Berani Tantang Usyk, Fury Justru Pesimis Lawan Anthony Joshua

Selain itu, aturan khusus mengenai sarung tangan juga diberlakukan dalam duel ini. Kedua petinju akan memakai sarung tangan dengan bobot 14 ons, bukan 10 ons seperti biasanya.

Ukuran 14 ons ini membuat sarung tangan menjadi lebih tebal, yang kemungkinan besar ditujukan untuk memberikan perlindungan lebih baik bagi kedua petarung, mengingat usia Tyson yang sudah lanjut dan perbedaan fisik yang ada.

Terakhir, meskipun ini adalah pertarungan profesional, duel Mike Tyson vs Jake Paul akan berlangsung tanpa penutup kepala. Hal ini sesuai dengan standar pertandingan tinju profesional yang tidak menggunakan pelindung kepala, berbeda dengan laga ekshibisi yang sering kali menerapkan aturan tersebut untuk alasan keamanan.

 

Dukungan Mike Tyson

Sementara, petinju Tyson Fury, memberikan dukungan Mike Tyson dalam duel 21 Juli mendatang dengan kemenangan KO untuk Tyson atas Jake Paul.

Fury meyakini Tyson masih sosok petinju yang tangguh meski kini sudah berusia 57 tahun. Pengalaman yang dimiliki Tyson disebut Fury akan membantu petinju yang semasa aktif dijuluki Raja KO ini untuk mengalahkan Paul.

"Jika Mike Tyson memukul seseorang, saya tidak apakah dia berusia 90 tahun, dia akan menjatuhkan mereka dengan cara yang kejam bukan? Dia adalah Iron Mike Tyson, the baddest man on the planet (orang paling 'jahat' di planet ini)," ucap Fury dilansir dari Mirror.

"Jake Paul sangat berpengalaman dan dia punya banyak pertarungan tetapi yang jelas saya harus mendukung Mike Tyson untuk menang KO karena dia selalu mendukung saya," ia menambahkan.

 

Baca Juga: Jelang Bentrok Lawan Tyson Fury, Francis Ngannou Dilatih Mike Tyson

Keyakinan Mike Tyson

Mike Tyson sendiri memiliki keyakinan bisa memperlihatkan bertinju terbaiknya saat melawan Paul. Ia meyakini masih bisa bertarung dengan baik walau banyak keraguan yang muncul karena Tyson terakhir kali naik ring profesional tahun 2005 silam.

"Saya pikir orang-orang yang berkata demikian [Mike Tyson terlalu tua] adalah mereka yang berharap bisa ada di sini. Karena tidak ada seorang pun yang bisa melakukan ini. Siapa lagi yang bisa melakukan hal seperti ini? Siapa yang bisa menggegerkan dunia olahraga? Tidak ada seorang pun yang bisa melakukannya. Jadi kalian akan melihat kami dan kami akan melakukannya," tutur Mike Tyson seperti dikutip dari Fightmag.

 

Jake Paul Merasa Diremehkan

Sementara, menjelang menghadapi Mike Tyson, Jake Paul merasa diremehkan. Ia menyebut Mike Tyson bahkan menganggap dirinya sebelah mata. "Saya adalah petinju kelas berat alamiah. Inilah yang memang harus saya lakukan sejak dilahirkan, pindah ke kelas ini. Saya ingin menunjukkan pada Mike tentang siapa yang punya kekuatan lebih karena dia meremehkan saya. Saya rasa semua orang meremehkan saya dan saya percaya bahwa saya bisa memukul lebih keras," kata Jake Paul seperti dikutip dari BJPENN.

Jake Paul menilai Mike Tyson masih punya potensi menghadirkan bahaya besar untuk dirinya. Karena itu ia pun bersiap dengan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi di laga ini.

Seperti diketahui, dunia tinju kembali bergelora dengan berita mengejutkan saat legenda tinju Mike Tyson akan kembali naik ring. Di usianya yang sudah menginjak 57 tahun, Tyson siap berhadapan dengan Jake Paul, seorang petinju profesional yang juga dikenal sebagai Youtuber terkenal.

Pertarungan ini akan berlangsung di Stadion AT&T di Arlington, Texas, pada 20 Juli malam waktu setempat atau 21 Juli pagi WIB. Pertarungan antara Mike Tyson dan Jake Paul ini menarik perhatian besar. Meskipun kedua petarung memiliki perbedaan usia yang cukup signifikan, duel ini bukanlah laga ekshibisi melainkan pertarungan tinju profesional.

Nanti duel ini rencananya akan disiarkan secara langsung melalui tayangan berbayar Netflix dan dijual ke beberapa stasiun TV di dunia. box/fx/mgz/dailymail/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU