TNI Punya Kowad Pertama Berpangkat Jenderal Bintang Dua

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Mei 2024 20:08 WIB

TNI Punya Kowad Pertama Berpangkat Jenderal Bintang Dua

i

Mayjen TNI Dr. dr Dian Andriani Ratna Dewi saat mendapat kenaikan pangkat menjadi Jenderal Bintang Dua di lingkungan TNI.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - TNI AD, kini punya Jenderal bintang 2 perempuan pertama. Dia bernama Dian Andriani Ratna Dewi.

Dilihat di situs TNI AD, Jumat (17/5/2024), Mayjen Dian saat ini menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Pertahanan (Unhan).

Baca Juga: Alumni Akademi TNI-Polri Tahun 2003 Gelar Baksos

Setelah menyandang bintang 2, gelar lengkapnya ialah Mayjen TNI Dr. dr. Dian Andriani Ratna Dewi, Sp.KK., M.Biomed (AAM)., M.A.R.S., S.H., M.H., FINSDV., FAADV.

Mayjen Dian mendapatkan kenaikan pangkat bersama 75 perwira tinggi (pati) TNI lain, yang 46 orang di antaranya berasal dari matra AD.

Acara Laporan Korps kenaikan pangkat Mayjen Dian bersama 74 pati TNI dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/5). Kenaikan Pangkat 75 Pati TNI tersebut berdasarkan surat perintah Panglima TNI Nomor Sprin/773/V/2024 tanggal 13 Mei 2024 dengan rincian 46 Pati TNI AD, 15 Pati TNI AL dan 14 Pati TNI AU.

Mayjen Dian merupakan dosen tetap Unhan yang mengajar untuk program studi Pendidikan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Dia juga menjabat sebagai Ketua Komite Etik RSPAD Gatot Soebroto.

Baca Juga: Jampidsus, Dijaga Personil Puspom TNI

Karier militernya dimulai dengan jabatan perwira pertama (pama) Kesdam IV/Diponegoro pada 1989. Sejumlah jabatan lainnya ialah Wakarumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya, Kepala Komite Medik Rumkit Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa Kesdam Jaya pada 2015, dan Karumkit Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa Kesdam Jaya pada 2017.

Selain itu, dia pernah menjadi Kepala Departemen (Kadep) Penyakit Kulit dan Kelamin (Kulkel) RSPAD Gatot Subroto pada 2019.

Dilihat di situs Kemdikbud, Dian menjalani pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan lulus pada 1992. Kemudian dia melanjutkan pendidikan spesialis penyakit kulit dan kelamin di Universitas Indonesia (UI) hingga lulus pada 2002.

Baca Juga: Pusaran Dugaan Perselingkuhan Anak Gadis Kapolresta Malang

Kemudian dia melanjutkan pendidikan magister (S2) di Universitas Udayana (Udayana) dan lulus pada 2011 dengan mendapatkan gelar M.Biomed.Sc.. Setahun kemudian, dia juga lulus kuliah magister dari Universitas Respati Indonesia dan menyandang gelar MARS.

Gelar doktor (Dr.) diraih Dian dari Udayana pada 2019. Setahun kemudian dia meraih gelar magister hukum (M.H) dari Sekolah Tinggi Hukum Militer AHM - PTHM. Gelar doktor kedua diraih Dian dari Universitas Borobudur pada 2022. n jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU